Diblokir Facebook & Twitter, Trump Bikin Medsos TRUTH Social

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 October 2021 11:20
Donald Trump

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat ke-45 Donald Trump mengumumkan akan meluncurkan jaringan media sosial baru bernama TRUTH Social. Versi awal layanan ini akan terbuka bagi pengguna undangan mulai bulan depan.

Trump mengatakan platform ini akan "menentang tirani raksasa teknologi". Ia juga menuding raksasa teknologi itu telah membungkam suara-suara oposisi di Amerika Serikat.

Platform ini akan diluncurkan secara umum pada kuartal I-2022. Platform ini dikembangkan oleh Trump Media & Technology Group (TMTG) di mana Donald Trump duduk sebagai chairman, seperti dikutip dari BBC, Kamis (21/10/2021).


"Kita hidup di dunia di mana Taliban memiliki pengikut besar di Twitter, namun Presiden Amerika Favorit Anda telah dibungkam," ujar Trump.

"Semua orang bertanya kepada saya mengapa tidak ada yang menentang raksasa teknologi? Ya, kita akan segera [melakukan itu]."

Facebook dan Twitter telah menghapus dan melarang Donald Trump memiliki akun media sosial di platformnya setelah pendukungnya menyerbu US Capitol pada Januari 2021 untuk membatalkan pelantikan Joe Biden sebagai presiden AS yang baru.

Mereka menyebut kemenangan Joe Biden terhadap Donald Trump penuh dengan kecurangan meskipun tak pernah menunjukkan bukti kecurangan. Penyerbuan US Capitol berlangsung ricuh.

Facebook dan Twitter sepakat Donald Trump ikut memanas-manasi pendukungnya untuk melakukan aksi tersebut meski tak pernah memberikan bukti langsung adanya kecurangan dalam pemilihan Presiden AS.

Setelah pemblokiran tersebut Trump sempat meluncurkan blog bernama From the Desk of Donald J Trump. Tetap situs web ini ditutup permanen sebulan kemudian.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading