Bos Mandiri: Peran CS & Teller Bank Beralih ke Mobile Apps

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti & Yuni Astutik, CNBC Indonesia
03 September 2020 12:34
Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi (Tangkapan Layar Webinar)

Jakarta, CNBC Indonesia- Plt. Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Hery Gunardi mengatakan peran dari customer service dan teller akan tergantikan oleh aplikasi mobile banking, seiring transformasi digital perbankan.

Berbicara dalam Webinar bertajuk "Sistem Pembayaran Digital Jadi Jurus Ampuh Saat Pandemi Covid-19 & Masa Depan", Kamis (3/9/2020), Hery mengatakan Bank Mandiri saat ini sudah memiliki 15 juta nasabah aktif yang menggunakan transaksi digital.

"Kalau diperhatikan di Bank Mandiri saat ini sehari ada 8 juta transaksi. Hampir 96% transaksi dilakukan melalui digital. 4% masih saja masih ada di cabang. Memang peran dari CS (customer service) & teller akan beralih ke mobile apps," ujarnya.


Dia menambahkan Bank Mandiri sudah mempersiapkan transformasi digital sejak selama. Bahkan perseroan sudah membuat roadmap baku yang dijalankan secara multi-years.

"Dengan Covid-19 memaksa kita melakukan akselerasi proses transformasi digital agar lebih cepat waktunya," ujar Hery.

Hery menjabarkan ada 4 framework digitalisasi di Bank Mandiri. Pertama, adalah digitalisasi harus digitalize internal platform. Kedua, melakukan modernisasi digital channel.

"Channel ini untuk meningkatkan customer experience," ujar Hery.

Ketiga, melakukan pengembangan digital native product. Ini penting dilakukan karena kita ingin tak hanya bangun platform,tetapi juga produk digital," ujarnya.

Sementara itu yang keempat adalah me-leverage digital ekosistem, memperluas akses nasabah, kerjasama fintech, e-commerce dan mitra.

"Lingkaran ini menyangkut SDM. Punya 4 strategi ini tetapi tak didukung SDM mumpuni maka transformasi digital tak akan jalan sesuai rencana," ujarnya.

Sebagai informasi Webinar yang diselenggarakan oleh CNBC Indonesia ini menghadirkan para pembicara, yakni Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Plt. Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi, Direktur Utama BTPN Ongki W. Dana, Presiden Direktur IBM Indonesia Tan Wijaya, dan Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta serta Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A Purwantono.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading