Ini Moderna, Pembuat Vaksin Covid-19 yang Mampu Lawan Corona

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
27 August 2020 17:01
A sign marks an entrance to a Moderna, Inc., building, Monday, May 18, 2020, in Cambridge, Mass. Moderna announced Monday, May 18, 2020, that an experimental vaccine against the coronavirus showed encouraging results in very early testing, triggering hoped-for immune responses in eight healthy, middle-aged volunteers.(AP Photo/Bill Sikes)

Jakarta, CNBC Indonesia - Moderna lagi jadi buah bibir. Perusahaan AS ini baru saja mengumumkan uji awal di mana vaksin Covid-19 buatannya sukses ciptakan antibodi penawar pada relawan berusia remaja, orang dewasa, orang tua dan lanjut usia (lansia). Lantas siapa Moderna?

Moderna merupakan perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat (AS). Perusahaan ini didirikan pada 2010 dan mencatatkan sahamnya di bursa AS pada 2018 silam.

Moderna mengembangkan obat-obatan dan vaksin menggunakan messenger RNA, yang digunakan sel untuk mengubah instruksi yang tersimpan dalam DNA menjadi protein yang penting bagi kehidupan.


Obat-obatan Moderna menggunakan mRNA untuk melatih sel-sel protein untuk membuat protein yang kemudian melawan atau mencegah penyakit yang ditargetkan.

Pada 2018 perusahaan melantai di bursa AS atau IPO dengan valuasi US$7,5 miliar dan berhasil mengumpulkan dana investor US$604,3 miliar. Pada 2019 perusahaan mencatatkan rugi bersih US$514 juta.

Moderna merupakan perusahaan farmasi yang mengembangkan vaksin corona Covid-19 tanpa melakukan uji praklinis. Mereka mendapat izin langsung dari otoritas untuk mencobakan ke manusia.

Nah, keputusan pengembangan vaksin corona Covid-19 berdampak besar pada reli harga saham perusahaan. Sejak awal tahun saham Moderna sudah naik lebih dari 300%.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading