Corona Bikin Samsung & Xiaomi Babak Belur, Oppo dan Apple?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
26 August 2020 13:40
Toko Elektronik HP (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Virus corona Covid-19 membuat penjualan smartphone anjlok parah. Samsung dan Xiaomi menjadi dua produsen smartphone paling dalam penurunan penjualannya.

Berdasarkan riset Gartner, pada kuartal II-2020 penjualan smartphone di seluruh dunia hanya mencapai 295 juta unit atau anjlok 20,4% dari periode yang sama tahun sebelum.

Dari lima pemain besar vendor smartphone, Samsung yang mengalami penurunan penjualan paling dalam sementara penjualan Apple stagnan. Meski begitu Samsung masih menjadi penguasa pasar ponsel dunia.


Penjualan smartphone turun karena pada kuartal II-2020 hampir semua negara menerapkan pembatasan aktivitas. China yang sudah mulai pulih ekonominya masih mencatatkan penurunan penjualan sebesar 7%. Paling parah India di mana penjualan anjlok hingga 46%.

Penjualan Ponsel AnjlokFoto: Penjualan smartphone kuartal II-2020 yang anjlok parah (doc Gartner)

"Pembatasan perjalanan, penutupan ritel, dan rilis produk tak penting yang lebih hati-hati selama pandemi menjadi penyebab penurunan penjualan smartphone selama dua kuartal berturut-turut tahun ini," ujar Anshul Gupta, Direktur riset Gartner Anshul Gupta dalam keterangan pers, Rabu (26/8/2020).

Pada kuartal II-2020 Samsung menjual 54,76 juta ponsel atau anjlok 27,1% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Xiaomi menjual 27 juta unit atau turun 21,5%. Adapun penjualan Oppo anjlok 15,6% tetapi pangsa pasar meningkat.

Penjualan Apple hanya turun 0,4% dan Huawei turun 6,8%. "Performa Huawei di China membantu perusahaan tidak mencatatkan kinerja buruk pada kuartal ini," ujar Gupta. "Huawei kembali memimpin pasar dengan pangsa 42,6%."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading