Kacau! HP China Ini Terinstal Virus Jahat Secara Otomatis

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
26 August 2020 10:26
Infografis: 1 Miliaran HP Android Terancam Malware, Ini Cara Menangkalnya

Jakarta, CNBC Indonesia - Ponsel China merek Tecno yang dibuat Transsion dilaporkan mencuri uang penggunanya secara diam-diam. Ini karena ponsel murah ini memiliki virus jahat malware yang terpasang secara pre-install.

Virus jahat ini ditemukan oleh perusahaan keamanan siber Upstream. Malware ini bernama Triada yang memasang kode berbahaya xHelper yang akan membuat ponsel berlangganan layanan berbayar tanpa sepengetahuan pengguna.

Upstream menemukan malware ini pada 200.000 smartphone Android Tecno. Ponsel ini dijual di Afrika dan dengan cepat mendapatkan pengguna karena harganya yang murah hanya US$30 atau setara Rp 438 ribu per unit.


"Fakta bahwa malware datan secara pra-instal pada handset yang dibeli oleh jutaan masyarakat berpenghasilan rendah memberi tahu Anda apa yang dihadapi oleh industri saat ini," ujar Goeffrey Cleaves, head Upstream Secure-Platform D, seperti dilansir dari BBC, Rabu (26/8/2020).

Menurut riset IDC, Transsion Holding merupakan salah satu produsen ponsel terkemuka di China dan Afrika. Produknya cukup laris di pasaran. Mereka menyebutkan temuan ini sebagai "masalah keamanan seluler lama dan telah terpecahkan secara global dan diperbaiki pada Maret 2018.

"Untuk konsumen W2 kami yang saat ini berpotensi menghadapi Triada, mereka sangat disarankan untuk mengunduh perbaikan over-the-time melalui ponsel mereka untuk pemasangannya atau menghubungi layanan purna jual kami," ujar perusahaan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading