Internasional

Wow! Penjualan Ponsel Xiaomi Salip Samsung & Apple di Juni

Tech - Monica Chua, CNBC Indonesia
08 August 2021 07:02
Mi 11 Ultra (Dok. Xiaomi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa ponsel asal China, Xiaomi, sukses mengalahkan penjualan dua raksasa teknologi dunia yakni Apple dan Samsung dari sisi penjualan pada Juni 2021.

Menurut laporan CounterPoint, dilansir CNBC International, penjualan Xiaomi naik 26% pada Juni lalu, membuat Xiaomi menguasai 17% dari pangsa pasar ponsel pintar atau smartphone dunia pada Juni.

Sementara Samsung dan Apple, masing-masing memiliki marketshare 15,7% dan 14,3%.


Selain itu, pada kuartal yang berakhir di bulan Juni, Xiaomi juga tercatat sebagai produsen smartphone terbesar kedua di dunia, setelah Samsung.

Namun, analis dari CounterPoint mengatakan, bahwa dominasi Xiaomi ini diperkirakan bersifat sementara.

Pasalnya, diketahui produksi smartphone Samsung tengah terganggu akibat penyebaran dari virus Covid-19 di Vietnam yang mengganggu pasokan smartphone Samsung. Hal ini terjadi lantaran Vietnam kembali melakukan lockdown.

"Sejak penurunan Huawei, Xiaomi telah melakukan upaya yang konsisten dan agresif demi mengisi celah penurunan yang dibukukan Huawei," kata Tarun Pathak, Direktur Riset di Counterpoint, dalam sebuah pernyataan, dikutip CNBC International, Sabtu (7/8).

Dia menambahkan bahwa Xiaomi mampu berkembang di pasar yang merupakan ceruk pasar dari Huawei seperti China, Eropa, Timur Tengah dan Afrika.

Faktanya, riset yang dilakukan oleh Strategy Analytic melaporkan bahwa Xiaomi merupakan salah satu dari tiga merek smartphone ternama di Eropa, pada April hingga Juni 2021. Xiaomi juga dipercayai memiliki pangsa pasar di Eropa mencapai 25%.

Xiaomi tetap menjadi pemain teratas di India - salah satu pasar smartphone dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Meskipun sebagian besar ponsel Xiaomi masih ditujukan untuk pasar massal, pembuat ponsel pintar asal China ini mulai masuk ke segmen kelas atas - yang saat ini didominasi oleh perangkat premium dari Samsung dan Apple.

Tahun ini, Xiaomi meluncurkan smartphone Mi 11 Ultra yang dibanderol mulai dari 5.999 yuan (U$ 928, atau setara Rp 13,46 juta--kurs Rp 14.500/US$) serta ponsel lipat pertamanya dengan banderol harga 9.999 yuan.

Samsung diperkirakan akan meluncurkan smartphone kelas atas baru pada pekan depan di acara Galaxy Unpacked. Apple juga diperkirakan akan mengumumkan model iPhone berikutnya pada September mendatang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Samsung Geser Apple Jadi Raja Ponsel Dunia, Huawei Tercecer


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading