Samsung Raja Ponsel Dunia, Xiaomi Berhasil Jungkalkan Apple

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
16 July 2021 12:50
foto : CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam laporan perusahaan riset Canalys terbaru, Xiaomi berhasil menduduki peringkat kedua dalam pengiriman smartphone global. Perusahaan China itu melampaui Apple yang berada di peringkat ketiga.

Pengiriman ponsel Xiaomi mengalami peningkatan 83% secara year-on-year dalam kuartal ini. Selain itu juga mendapatkan 17% pangsa pasar global, dikutip Tech Crunch, Jumat (15/7/2021).

Sementara untuk peringkat nomor satu diduduki Samsung. Raksasa teknologi asal Korea Selatan itu memiliki 19% pangsa pasar global.


Produsen iPhone, Apple berada di belakang Xiaomi dengan 14%. Sedangkan perusahaan asal China lain, Oppo dan Vivo berada di peringkat ke-empat dan lima dengan 10%.

Menurut Canalys, harga yang ditawarkan Xiaomi jadi faktor kesuksesan perusahaan. Ini kontras dengan penawaran yang dilakukan Samsung dan Apple melalui harga premium.

Manajer Riset Canalys, Ben Stanton mengatakan telah ada perubahan model bisnis dari Penantang jadi petahana. Salah satunya adalah inisiatif untuk konsolidasi mitra channel.

"Namun sebagian besar masih condong ke pasar massal, dan dibandingkan dengan Samsung dan Apple, harga jual rata-rata masing-masing sekitar 40% dan 75% lebih murah. Jadi prioritas utama Xiaomi tahun ini meningkatkan penjualan perangkat high-end seperti Mi 11 Ultra," kata dia.

Akhir-akhir ini perusahaan telah menemukan kesuksesan khusus di Amerika Latin, Afrika dan Eropa Barat. Nampaknya masih ada banyak pasar yang tersedia untuk melanjutkan ekspansi seperti yang terlihat menghadapi Samsung, seperti Oppo dan Vivo berharap untuk melanjutkan pertumbuhan global masing-masing dengan cepat.

Sayangnya, Huawei tidak ada dalam lima besar pengiriman ponsel versi Canalys ini. Penurunan cukup besar sebagian besar akibat perusahaan ada di daftar hitam AS.

Daftar hitam ini mengakibatkan perusahaan dilarang ada di AS. Serta juga memotong akses pada produk seluler AS termasuk Android Google.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading