Bukan Vivo & Oppo, Ternyata Ini Ancaman Terbesar Samsung

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
06 August 2021 11:15
Warga membeli kartu perdana di ITC ROXY MAS, Jakarta, Selasa (2/2/2021). Aturan pajak penyelenggara jasa telekomunikasi mulai di berlakukan namun aturan itu tidak terdampak pada pembelian pulsa, kartu perdana atau token listrik. (CNBC Indonesia/Tri Susilo) 
Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, ketentuan pajak pulsa yang mulai berlaku (1/2/2021) bertujuan menyederhanakan pengenaan PPN dan PPH atas pulsa atau kartu perdana, token listrik dan voucer serta untuk memberikan kepstian hukum.   (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Vendor smatphone China Xiaomi menjual lebih banyak ponsel pada bulan Juni ketimbang pesaingnya Samsung, Apple Vivo dan Oppo. Ini merupakan laporan dari lembaga riset Counterpoint.

Pada Juni 2021, penjualan Xiaomi tumbuh 26% dibandingkan bulan sebelumnya, memberikan perusahaan pangsa pasar 17,1% dari total penjualan smartphone global pada bulan Juni, seperti dikutip dari CNBC International, Jumat (6/8/2021).

Menurut Counterpoint, pada Juni lalu pangsa pasar penjualan smartphone Samsung 15,7% dan Apple 14,3%. Ada kuartal II-2021, Samsung merupakan pemegang pangsa pasar terbesar smartphone global. Peringkat kedua ada Xiaomi, yang kemudian diikuti oleh Apple.


Analis Counterpoint menjelaskan bahwa tren tersebut bisa bersifat sementara. Lonjakan kasus Covid-19 di Vietnam kemungkinan mengganggu produksi Samsung pada Juni lalu. Hal Itu menyebabkan kekurangan perangkat yang tersedia di pasar dari pembuat smartphone Korea Selatan.

Samsung mencatat gangguan produksi di Vietnam karena penguncian lokal (lockdown) dalam paparan kuartal kedua. Raksasa smartphone ini berharap produksi segera kembali ke tingkat normal.

"Sejak penurunan Huawei dimulai, Xiaomi telah melakukan upaya yang konsisten dan agresif untuk mengisi celah yang diciptakan oleh penurunan ini," kata Tarun Pathak, direktur riset di Counterpoint. Dia menambahkan Xiaomi telah berkembang di pasar ditinggal Huawei seperti China, Eropa, Timur Tengah dan Afrika.

Strategy Analytics bulan ini merilis riset yang menyatakan selama April hingga Juni, Xiaomi menjadi merek smartphone teratas di Eropa dengan pangsa pasar 25%. Xiaomi juga menjadi pemain utama di India, salah satu pasar smartphone dengan pertumbuhan tercepat di dunia.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading