Tak Kalah dari WhatsApp, Facebook Luncurkan Fitur Baru Ini

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
19 August 2020 15:36
Facebook

Jakarta, CNBC Indonesia - WhatsApp cukup rajin meluncurkan fitur baru untuk memanjakan pengguna. Langkah ini ini pun dilakukan Facebook dengan fitur baru cari uang.

Bila WhatsApp sedang mengembangkan fitur bisa dipakai dibeberapa perangkat secara bersamaan, Facebook luncurkan fitur untuk mendapatkan uang dari acara online. Ini fitur monetisasi akun Facebook.

Fitur ini cocok bagi mereka pengusaha UMKM yang ingin secara langsung dan konten kreator. Untuk menjangkau penonton yang lebih banyak pengguna bisa mamanfaatkan Facebook Live dan ajang yang lebih kecil dan interaktif bisa memanfaatkan Messenger Rooms.


Jangan lupa mengaktifkan fitur berbayar bagi mereka yang ingin menyaksikan tayangan tersebut dan pembayarannya harus melalui Facebook Pay. Pada tahap awal ini ada 20 negara yang bisa memanfaatkan fitur ini. Negara ini sudah beroperasi Facebook Pay.

Daftarnya: Australia, Belgia, Brasil, Kanada, Republik Ceko, Perancis, Jerman, Hungaria, India, Itala, Meksiko, Belanda, Norwegia, Polandia, Singapura, Spanyol, Swedia, Ukraina, dan Inggris Raya. Indonesia masih belum karena Facebook Pay belum beroperasi.

Vice President and Head of Facebook App Fidji Simo mengatakan Facebook tidak akan menarik bayaran dari transaksi melalui web atau android dari fitur ini. 100% pendapatan akan dimiliki oleh konten kreator atau pengusaha UMKM. Hal ini berlaku hingga tahun depan.

Sayangnya pengguna iOS mendapat perlakuan berbeda. Penyebabnya, Apple menarik fee 30% dari transaksi. Ini adalah kebijakan internal Apple pada semua pengembang aplikasi. Jadi pengguna akan mendapatkan pendapatan 70% saja.

"Kami telah meminta Apple menurunkan pajak App Store yang sebesar 30% atau mengizinkan kami menawarkan Facebook Pay agar kami bisa menanggung biaya tersebut bagi usaha yang terdampak Covid-19, sayangnya mereka menolak permintaan kami," ujarnya dalam keterangan resmi, seperti dikutip Rabu (19/8/2020).


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading