Dear Warga +62! TikTok Bagi-bagi Rp 14 T, Mau?

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
12 August 2020 09:30
tik tok

Jakarta, CNBC Indonesia - Aplikasi TikTok mengumumkan akan memberikan bonus pertama dari "Dana Pencipta" sebesar US$ 2 miliar (Rp 14 triliun). Ini akan diberikan ke sejumlah kreator konten yang terpilih.

Hanya saja sang kreator harus berlomba-lomba untuk mempertahankan talenta terbaik di aplikasi itu. Kreativitas paling tinggi akan mendapat hadiah.




Persyaratan lain adalah kreator konten harus memiliki lebih dari 10 ribu pengikut. Dengan 10 ribu penayangan dalam 30 hari terakhir.

Pengumuman ini ternyata sudah dipublikasikan sejak akhir Juli. Namun pembagian ke pemenang mulai dilakukan Senin (10/8/2020), termasuk ke-9 konten kreator asal AS yang yang dianggap memiliki konten menginspirasi.


Aturan bagi-bagi duit ini muncul di saat TikTok terancam dengan aturan baru pemerintah AS Donald Trump. Di mana ada larangan melakukan transaksi baik individu maupun perusahaan di AS.

Ini juga dilakukan kala Facebook mengeluarkan fitur baru mirip TikTok di Instagram, Reel. Forbes menulis TikTok tengah berjuang mempertahankan relevansi di bagian atas rantai makanan media sosial.

Di antara penerima hadiah, terdapat nama YouTuber terkenal David Dobrik. Ia memiliki lebih dari 20 juta pengikut TikTok dan kekayaan bersih senilai US$ 7 juta. Kreator lainnya adalah Spencer X. Dia adalah seorang beat-boxer Manhattan dengan lebih dari 40 juta pengikut.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading