Internasional

Puluhan Juta Vaksin Corona Siap 2021, Hidup Normal Lagi?

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
06 August 2020 16:27
INFOGRAFIS, Kandidat Vaksin yang akan Masuk RI

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan bioteknologi dan obat-obatan diyakini akan memproduksi puluhan juta dosis vaksin corona (Covid-19) awal tahun depan. Hal ini diungkapkan ahli penyakit menular Amerika Serikat (AS) dan juga Penasehat Gedung Putih Anthony Fauci.

Meski sedikit konservatif dibanding pejabat AS lainnya, ia optimis bahwa jutaan vaksin mungkin sudah akan tersedia di akhir 2021. Ia pu berharap ini bisa jadi solusi dari pandemi Covid-19 yang menginfeksi 18 juta orang di dunia saat ini.




"Pemerintah federal telah meletakkan lebih dari 'satu telur dalam keranjang'," katanya dalam wawancara eksklusif dengan Reuters, dikutip Kamis (6/8/2020).

"Saya sangat yakin bahwa kita akan memiliki vaksin yang cukup efektif untuk disetujui."

Anthony Fauci. (AP/Kevin Dietsch)Foto: Anthony Fauci. (AP/Kevin Dietsch)
Anthony Fauci. (AP/Kevin Dietsch)



Fauci pun yakin, khusus di AS, politik tak akan mempengaruhi dan mengganggu vaksin. Sebagaimana diketahui, AS akan mulai Pemilu Presiden 3 November nanti.

"Saya berharap ... saat kita menjalani 2021 dan menjalani siklus lain kita akan mendapatkan keadaan bahwa semuanya sudah terkendali," tegasnya lagi.



Sebelumnya sejumlah perusahaan dunia berlomba membuat vaksin. Bukan hanya China, ini juga dilakukan perusahaan AS, Inggris, Jepang hingga Rusia.

Pemerintah AS juga telah menghabiskan miliaran dolar untuk pembuatan vaksin dengan sejumlah perusahaan. Diantaranya Johnson & Johnson, Moderna Inc, Pfizer, Novavac Inc dan Sanofi SA.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading