Trump Ungkap Kabar Mengejutkan Soal Vaksin Covid-19 AS

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
04 August 2020 13:32
Presiden Donald Trump konferensi pers COVID-19. AP/Alex Brandon

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Donald Trump mengatakan kemungkinan vaksin corona akan tersedia bagi publik Amerika Serikat (AS) lebih cepat dari prediksi pemerintah. Sebelumnya Trump prediksi vaksin akan tersedia pada akhir 2020 atau awal 2021.

"Kami menyeimbangkan antara kecepatan dan keamanan dan kami sedang bersiap untuk menyediakan vaksin tahun ini, mungkin jauh sebelum akhir tahun," ujar Donald Trump dalam konferensi pers di Gedung Putih, Senin (3/8/2020).

"Kami memproduksi secara massal kandidat vaksin paling menjanjikan di muka sehingga kami siap untuk atas persetujuan. Kami memiliki barisan militer, ini logistik, ini semua tentang logistik," lanjutnya, seperti dikutip dari CNBC International, Selasa (4/8/2020).


Dalam konferensi pers tersebut dia menyebutkan vaksin buatan Pfizer dan Moderna. Kedua kandidat vaksin ini menggunakan molekul mRNA, yang diharapkan bisa memicu respons imun untuk melawan virus.

"Ini adalah perusahaan yang tidak hanya mengetahui, mereka juga dihormati," kata Trump.

Trump mengatakan ia berharap AS akan dapat mengakhiri pandemi ini "dengan sangat, sangat cepat" begitu sebuah vaksin tersedia.

"Kami ingin membuat orang semakin baik," katanya, dan menambahkan daerah AS pertama yang mendapatkan vaksin adalah daerah yang paling membutuhkan.

Pemerintah AS memang sudah berinvestasi pada beberapa vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan, meski tidak ada kepastian vaksin tersebut akan efektif dan aman ketika digunakan.

Prediksi Trump tentang kapan AS akan mendapatkan vaksin Covid-19 kemungkinan mewakili pandangan optimistis. Beberapa ilmuwan memprediksi vaksin akan ditemukan pada tahun depan, itu pun tak ada jaminannya. Apalagi vaksin tersebut diprediksi tidak sempurna, perlu pengembangan lebih lanjut agar lebih manjur.


(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading