Internasional

Top Putin! Rusia Segera Produksi Massal Vaksin Covid-19

Tech - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
04 August 2020 07:35
A lab assistant holds a blood sample to be tested for COVID-19 antibodies, Tuesday, April 28, 2020, at Principle Health Systems and SynerGene Laboratory, in Houston. The company, which opened two new testing locations Tuesday, is now offering a new COVID-19 antibody test developed by Abbott Laboratories. (AP Photo/David J. Phillip)

Jakarta, CNBC IndonesiaRusia akan memproduksi vaksin secara massal mulai bulan depan. Bahkan, negeri Presiden Putin itu berkomitmen membuat jutaan dosis per bulan mulai tahun depan.

Ditulis AFP dari media pemerintah Rusia TASS, Moskow selangkah lebih maju dalam pengembangan vaksin corona (Covid-19). Vaksin lembaga Gamaleya misalnya, memasuki proses akhir dan segera mendapat izin resmi.



"Kami tengah memperhitungkan untuk mulai memproduksi massal pada September," tegas Menteri Perindustrian Rusia Denis Manturov dalam sebuah wawancara, Senin (3/8/2020).

"Volume produksi akan beberapa ratus ribu per bulan, dengan peningkatan menjadi beberapa juta pada awal tahun depan."

Hal senada juga ditegaskan Kepala Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF) Kirill Dmitriev. Bahkan izin vaksin akan selesai dalam 10 hari ke depan.




"Jika ini terjadi dalam 10 hari ke depan, kami akan berada di depan, tidak hanya Amerika Serikat (AS) tapi juga negara lain," katanya dalam sebuah siaran televisi.

"Itu akan menjadi vaksin pertama yang terdaftar."

Selain Gamaleya, Rusia juga mengembangkan dua vaksin lain di laboratorium Vektor di Siberia. Pengujian ke manusia akan dimulai dua bulan ke depan.

Vaksin Gamaleya adalah vektor virus. Ia menggunakan virus lain untuk membawa DNA respons imun yang dibutuhkan ke dalam sel.

Gamaleya, ditulis AFP, mirip dengan vaksin yang dikembangkan CanSino asal China, Vaksin CanSino masih dalam uji klinis lanjutan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jadi Mau Pilih Mana, Vaksin AS atau Vaksin China?


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading