Pak Jokowi, Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Agustus NIh?

Tech - Cantika Adinda Putri & Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
31 July 2020 09:13
infografis/ mengenal program kartu pra kerja/Aristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Penanggung jawab Kartu Prakerja sempat menjanjikan akan membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 4 pada akhir Juli 2020 tapi belum ada pengumuman resmi sampai Kamis (30/7).

Pendaftaran gelombang keempat program kartu prakerja kemungkinan akan dilakukan pada Agustus mendatang menurut sumber CNBC Indonesia di lingkungan pemerintahan. Namun, dia enggan menyebutkan secara detail tanggal berapa pendaftaran gelombang keempat itu dibuka.

"Kemungkinan besar Agustus jalan lagi," ujarnya, Kamis (30/7/2020).


Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahuddin, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari, dan Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky sudah dicoba dikonfirmasi. Namun, Rudy, Denni, dan Panji tidak memberikan tanggapan apapun saat ditanyai mengenai pembukaan pendaftaran gelombang keempat.

Sebelumnya, janji pembukaan Kartu Prakerja gelombang 4 pada akhir Juli sempat diungkapkan oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahudin, yang juga menjadi Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja. Dia menyebut gelombang keempat akan dilaksanakan setelah lembaga pelatihan diverifikasi oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Kita berharap selesai minggu ini, aturan pelaksanaan dan turunan permenko diselesaikan paralel sehingga minggu keempat bisa dibuka batch keempat," jelas Rudy di Kemenko Perekenomian, Senin (13/7/2020).


Para calon pendaftar yang minat untuk mengikuti gelombang keempat, peserta umum harus 'bersikutan' dengan whitelist yang sudah dimiliki oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Di mana ada 1,7 juta orang yang datanya sudah diverifikasi untuk bisa mengikuti program Prakerja untuk lima gelombang ke depan. Ada 500 ribu peserta yang akan dipilih untuk ikut program Kartu Prakerja gelombang 4 ini.

Sebelumnya aturan ini dihentikan pada pertengahan Mei lalu karena melakukan evaluasi pelaksanaan dan menunggu payung hukum baru guna menjalankan program semi bansos ini.Kini pelaksanaan program kartu prakerja diatur melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2020.

Adapun sudah ada 680 ribu peserta kartu prakerja yang diterima dari 11,6 juta pendaftar. Pemerintah menargetkan, sampai akhir tahun akan ada 5,6 juta orang yang akan mendapatkan program ini. Pemerintah juga sudah menjadikan program bantuan sosial untuk sebagai bentukan jaring pengaman sosial untuk masyarakat yang terkena PHK dan dirumahkan.

Selain kepastian pendaftaran gelombang 4, insentif kepada peserta prakerja gelombang 1-3 masih belum terealisasi. Manajemen Pelaksana (PMO) Prakerja memastikan, penyaluran insentif tidak dikorupsi dan secara bertahap penyaluran akan disalurkan seluruhnya.

Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, insentif kepada peserta gelombang 1-3 masih mengalami kendala. Denni memastikan, penyaluran insentif kepada seluruh peserta akan tersalurkan dan uang insentif itu tidak dikorupsi.

"Soal insentif kami hanya bisa bilang bersabar, karena [beberapa peserta] masih harus ada yang meng-updgrade e-wallet untuk melakukan eKYC [elektronik know your customer atau verifikasi identitas secara online]," jelas Denni lewat video conference, Senin (27/7/2020).


[Gambas:Video CNBC]

(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading