Internasional

Apakah Ini Pertanda Baik? Vaksin Moderna Sukses Uji ke Monyet

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
29 July 2020 11:22
A sign marks an entrance to a Moderna, Inc., building, Monday, May 18, 2020, in Cambridge, Mass. Moderna announced Monday, May 18, 2020, that an experimental vaccine against the coronavirus showed encouraging results in very early testing, triggering hoped-for immune responses in eight healthy, middle-aged volunteers.(AP Photo/Bill Sikes)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada kabar baik dari pengujian vaksin corona (Covid-19) milik Moderna.

Perusahaan bioteknologi itu mengatakan bahwa vaksin Covid-19 yang tengah dikembangkan efektif memperkuat respon imun dan melindungi monyet dari infeksi.



Vaksin yang bernama MRNA-1273 itu berhasil mencegah monyet dari infeksi paru-paru, hidung dan penyakit pernafasan lainnya.

Hasil riset juga sudah dipublikasikan di New England Journal of Medicine. Sebanyak 24 monyet yang terlibat diberi vaksin dengan dosis 10-100 micrograms.

Moderna sejak Senin kemarin juga tengah melakukan uji vaksin pada 3.000 sukarelawan.




Pengujian ke manusia diharapkan semakin membuat perusahaan percaya bahwa vaksin yang dikembangkan efektif bagi pencegahan Covid-19.

Moderna sebelumnya tidak pernah memproduksi vaksin ke pasar. Meski begitu pengembangan vaksin membuat perusahaan menerima hampir US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14,5 triliun dari pemerintah AS.


Sebelumnya, vaksin lain juga dikembangkan AstraZeneca dan Universitas Oxford. Uji coba ke monyet juga dilakukan AstraZeneca dan berhasil.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading