Internasional

Aminkan Ya! Vaksin Moderna Covid-19 Siap Akhir Tahun Ini

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
28 July 2020 09:40
A sign marks an entrance to a Moderna, Inc., building, Monday, May 18, 2020, in Cambridge, Mass. Moderna announced Monday, May 18, 2020, that an experimental vaccine against the coronavirus showed encouraging results in very early testing, triggering hoped-for immune responses in eight healthy, middle-aged volunteers.(AP Photo/Bill Sikes)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pejabat AS melaporkan vaksin Moderna untuk Covid-19 siap digunakan secara luas pada akhir tahun ini, Senin (28/7/2020). Ini dikatakan otoritas seraya menjelaskan fase pengujian vaksin Moderna yang kini memasuki fase akhir.

Perusahaan bioteknologi AS itu akan menguji vaksin pada 30.000 relawan, untuk melihat efektivitas dan keamaan vaksin pada manusia. Jika rintangan teratasi, vaksi akan diberikan persetujuan legal oleh pemerintah.



"Memiliki vaksin yang aman dan efektif yang didistribusikan pada akhir tahun 2020 adalah tujuan jangka panjang, tetapi ini adalah tujuan yang tepat untuk rakyat Amerika," kata Francis Collins, Direktur Institusi Kesehatan Nasional (NIH).

Kepala Eksekutif Moderna Stephane Bancel mengatakan perusahaan tetap di jalur untuk memberikan sekitar 500 juta dosis per tahun. Bahkan, dosis akan bertambah menjadi 1 miliar mulai 2021.

Kandidat vaksin Moderna menggunakan RNA (mRNA) sintetis untuk meniru permukaan virus corona dan mengajarkan sistem kekebalan untuk mengenali dan menetralkannya. Teknologi ini memungkinkan pengembangan dan pembuatan yang lebih cepat daripada vaksin tradisional.




Moderna sebelumnya telah menerima hampir US $ 1 miliar dari pemerintah AS. Dikutip dari CNA, vaksin Moderna menjadi salah satu dari 150 kandidat yang tengah diuji ke manusia.

Sementara itu, vaksin Pfizer dan Johnson & Johnson juga akan melalui tahapan uji terakhir pekan ini. Pembuat obat Inggris AstraZeneca pun mengatakan akan memulai uji coba skala besar vaksin di AS musim panas ini.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading