Airlangga Ungkap Kapan Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
27 July 2020 14:27
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Publik masih bertanya-tanya kapan Kartu Prakerja gelombang 4 dibuka. Pertanyaan ini pun dijawab oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Kartu Prakerja gelombang 4 akan segera dimulai offline dan online dengan anggaran dipercepat," ujarnya Airlangga dalam konferensi pers usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Senin (27/7/2020).

Sebelumnya, Airlangga menyatakan Kartu Prakerja gelombang 4 akan dibuka akhir Juli 2020. Itu artinya, minggu ini program tersebut akan kembali menerima pendaftaran peserta.


Pembukaan kembali Kartu Prakerja seiring dengan sudah selesainya pembenahan sistem dan Presiden Joko Widodo sudah mengeluarkan payung hukum baru pelaksanaan Kartu Prakerja dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres) No.76 tahun 2020 tentang pengembangan kompetensi kerja melalui program Kartu Prakerja.

Dalam pendaftaran keempat ini, para peserta akan berkompetisi dengan 1,7 juta orang white list yang dimiliki oleh Kemnaker dikumpulkan oleh Dinas Ketenagakerjaan Provinsi.

Setiap peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan manfaat sebesar Rp 3,55 juta. Sebesar Rp 1 juta akan diterima dalam bentuk voucher untuk membeli pelatihan yang ditawarkan Ruangguru, Tokopedia, Bukalapak, Belajar Apa, Pintaria, Sekolahmu, Pikar Mahir dan Sisnaker.

Setelah menyelesaikan pelatihan peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp 2,4 juta yang masing-masing Rp 600 ribu per bulan. Selanjut ada upah ikut survei sebesar Rp 150 ribu untuk tiga kali survei.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka?


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading