Kartu Prakerja Dibuka Lagi Akhir Juli, Mau Daftar?

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
14 July 2020 06:44
infografis/ mengenal program kartu pra kerja/Aristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah dua bulan lebih terhenti, Kementerian Koordinator Perekonomian akhirnya mengumumkan bahwa program Kartu Prakerja akan kembali dibuka pada akhir Juli 2020. Peserta akan mengikuti seleksi gelombang 4.

Rudy Salahuddin yang merupakan Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, yang juga sekaligus Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja menjelaskan gelombang keempat akan dilaksanakan setelah lembaga pelatihan diverifikasi oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Kita berharap selesai minggu ini, aturan pelaksanaan dan turunan Permenko diselesaikan paralel sehingga minggu keempat bisa dibuka batch keempat," jelas Rudy di Kemenko Perekenomian, Senin (13/7/2020).


Pada gelombang keempat peserta umum, juga harus 'bersikutan' dengan whitelist yang sudah dimiliki oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Di mana ada 1,7 juta orang yang datanya sudah diverifikasi untuk bisa mengikuti program Prakerja untuk lima gelombang ke depan.


Selain itu, Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas, Kementerian Ketenagakerjaan, Bambang Satrio Lelono menjelaskan, bahwa 1,7 juta orang white list yang dimiliki oleh Kemnaker dikumpulkan oleh Dinas Ketenagakerjaan Provinsi.

"Ini yang akan jadi prioritas peserta Prakerja. Karena kita sudah bekerja sama dengan dinas-dinas Provinsi untuk mendorong masyarakat yang terdampak untuk mengikuti program Prakerja," jelas Bambang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto nantinya Kartu Prakerja akan menerima peserta secara offline atau luring. Hal ini akan disiapkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dan yang sudah tercatat di Kemenaker dengan nama, alamat dan terverifikasi mencapai 1,7 juta orang.

"Sebagian besar pendidikannya SMP sehingga untuk pendidikan SMP proses pembelajarannya harus dipilih yang bersifat offline," tambah Airlangga.

"Ini yang sedang disiapkan diperkirakan pada pertengahan, sesudah minggu ketiga, keempat atau di bulan Agustus nanti sudah bisa dimulai dan akan didahului oleh program reguler dari Kemenaker dan program reguler pelatihan."

Informasi saja, penerimaan peserta Kartu Prakerja gelombang keempat dihentikan sementara sejak minggu kedua Mei 2020. Alasannya, melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap prosedur operasional Kartu Prakerja.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading