Mau Insentif Kartu Prakerja Rp 600 Ribu Cair? Lakukan Ini!

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
13 July 2020 17:38
Kartu Prakerja

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa peserta Kartu Prakerja masih belum dapat mencairkan insentif Kartu Prakerja Rp 600 ribu. Berikut cara mudah mencairkannya dari manajemen pengelola.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan hingga sore ini (13/7/2020), sudah ada 495 ribu peserta Kartu Prakerja yang sudah menyelesaikan pelatihan, di mana 476 ribu telah mendapatkan insentif.

Denni menambahkan untuk mendapatkan insentif, peserta harus memberikan rating dan ulasan dari pelatihan online yang didapatkan. Kedua hal ini berdasarkan pengalaman yang telah didapatkan sebelumnya.


"Rating dan ulasan harus diterima PMO dari digital platform dan bukti sertifikat pelatihan. Ada sistem informasi PMO dengan digital platform dan memastikan e-wallet tempat transfer dana Rp 600 ribu harus aktif, bukan sudah inactive dalam satu tahun terakhir," ujarnya dalam konferensi pers digital, Senin (13/7/2020).

Selain itu Nomor Induk Kependudukan (NIK) harus sama dengan yang didaftarkan. Akun e-wallet, itu pastikan sudah diupgrade. Ini kebutuhan Know Your Costumer (KYC) di dompet digital untuk memastikan bukan fraud.

"Nomer hape sama ketika mendaftar dan jangan sampai berubah 6 bulan ke depan. Masih ada survei sampai 6 bulan ke depan. Kenapa insentif belum diterima. Jadi sabar, karena manajemen pelaksana akan melakukan perbaikan informasi utk melayani semuanya," jelasnya.

Informasi saja, setiap peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan manfaat sebesar Rp 3,55 juta. Sebesar Rp 1 juta akan diterima dalam bentuk voucher untuk membeli pelatihan yang ditawarkan Ruangguru, Tokopedia, Bukalapak, Belajar Apa, Pintaria, Sekolahmu, Pikar Mahir dan Sisnaker.

Setelah menyelesaikan pelatihan peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp 2,4 juta yang masing-masing Rp 600 ribu per bulan. Selanjut ada upah ikut survei sebesar Rp 150 ribu untuk tiga kali survei.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kartu Prakerja Gelombang 4, Insentif Belum Cair & Sorotan KPK


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading