Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka & Insentif Cair?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
19 June 2020 12:04
Kartu Prakerja

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Koordinator Perekonomian akhirnya menjelaskan soal kapan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 4 dibuka dan insentif peserta Rp 600 ribu cair.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin mengatakan saat ini pemerintah sedang melakukan perbaikan tata kelola pelaksanaan Kartu Prakerja yang dipimpin oleh Jamdatun (Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara).

Perbaikan tata kelola inilah yang membuat pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 4 dan pencairan insentif bagi peserta yang sudah menyelesaikan pelatihan ditunda. Selain penundaan pencairan insentif, penyelenggara Kartu Prakerja juga menunda pembayaran ke lembaga pelatihan.


Perbaikan tata kelola ini salah satunya karena surat dari KPK tanggal 2 Juni 2020 yang meminta Kartu Prakerja gelombang 1 hingga 3 dievaluasi dan diperbaiki pelaksanaannya. KPK juga merekomendasikan penundaan pendaftaran gelombang 4 hingga perbaikan selesai dilakukan.

Lantas kapan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 4 dan insentif peserta dicairkan? Rudy Salahuddin memastikan setelah tata kelola baru diselesaikan.

"Sampai tata kelola yang baru ini jadi dulu dong. Bukan haya Perpres, tapi nanti ada aturan-aturan turunannya. Mungkin ada yang perlu diubah dari Permenko, dan ini yang harus kita selesaikan dulu. Jadi basis kita untuk menjalankan itu dengan tata kelola yang baru," ujar Rudi.

Dengan tata kelola baru ini, lanjut Rudi,  akan menghindarkan adanya salah sasaran Kartu prakerja yang menimbulkan kerugian negara.

Informasi saja, Pemerintah menghentikan pendaftaran peserta Kartu Prakerja pada pertengahan Mei lalu. Bersamaan dengan penghentian ini beberapa pengguna mengeluhkan belum bisa mencairkan dana insentif Kartu Prakerja.

Pemerintah menjanjikan manfaat sebesar Rp 3,55 juta bagi 6,9 juta warga yang lolos Kartu Prakerja. Para peserta ini merupakan warga yang terdampak pandemi virus corona Covid-19. Total anggaran yang disiapkan untuk program ini mencapai Rp 20 triliun.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading