Gilanya Digital Bank: Proses Kredit KTA Hanya 60 Detik

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
23 July 2020 15:42
Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Perkembangan perbankan digital telah membuat nasabah dapat bertransaksi di perbankan menjadi lebih cepat dan lebih mudah karena tak perlu lagi datang ke kantor cabang. 

Salah satu hal yang paling menguntungkan ini bahkan bank dapat melakukan pencairan kredit tanpa agunan (KTA) dalam satu satu menit alias 60 detik saja.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna dalam kesempatan Webinar Nasional "The Future of Digital Banking", Kamis (23/7/2020)


"Secara user experience kita desain sedemikian rupa sehingga memudahkan nasabah kami bertransaksi. Pembukaan rekening bisa dilakukan di rumah tanpa ke bank, tanpa tanda tangan basah. KTA kita bisa 60 detik saja. Saya ulangi 60 detik," kata Paulus.


Tak hanya untuk pencairan kredit, pengembangan digital banking juga memudahkan nasabah di bank untuk melakukan investasi surat utang dengan mendaftarkan single investor identification (SID). Selain itu, transfer mata uang asing juga bisa dilaksanakan secara langsung tanpa harus datang ke kantor cabang.


"Dari segi keamanan, kita bisa kembangkan platform agar nyaman dan aman bagi nasabah. Contoh, kita pakai e-KTP dan biometrik untuk e-KYC karena daya di-entry aman di e-KTP, dicocokkan dengan sidik jari nasabah sehingga dapat dipastikan nasabah yang buka, jadi aman," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bos DBS: Bank Harus Bertindak Layaknya Startup


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading