Menteri Johnny: Prancis Siap Biayai Proyek Data Center RI

Tech - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
17 July 2020 19:28
Dokumentasi Kemenkominfo

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menerima kunjungan kehormatan (courtesy visit) dari Duta Besar Perancis untuk Indonesia Olivier Chambard di kantor pusat Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Kunjungan kerhormatan tersebut membicaraan tiga kerja sama untuk mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia. Kerja sama itu mencakup pembangunan Pusat Data Nasional (PDN), Improvement on Television Transmitting Stations (ITTS) dan Proyek Satelit Satria.

"Pemerintah Prancis, Pak Duta Besar datang menyampaikan kembali keseriusan Pemerintah Prancis untuk mengambil bagian dalam tiga proyek di bidang ICT di Indonesia," kata Johnny.

Menurut dia, Pemerintah Indonesia sedang melakukan percepatan pembangunan data center atau Pusat Data Nasional (PDN).

"Kementerian Kominfo juga tengah berkoordinasi dengan Kementerian Bapppenas dan Kementerian Keuangan untuk mempercepat pembangunan PDN. Kementerian Kominfo sedang mempercepat pengesahan RUU PDP bersama-sama dengan DPR RI. Jadi kami meminta kesiapan dan kesediaan Perancis untuk mempercepat proyek pembangunan data center pemerintah di Indonesia. Ini dibiayai oleh Pemerintah Perancis," ujar Johnny.


Dalam kunjungan tersebut, Pemerintah Perancis menegaskan pihaknya sudah siap mempunyai pembiayaan dan teknologi yang memadai. Saat ini, kata Menteri Johnny, Pemerintah RI dalam proses untuk menyelesaikan lokasi di mana data center itu akan dibangun.

"Yang pasti lokasi data center sendiri berada di wilayah Jabodetabek," kata Johnny.

Sementara itu, Dubes Olivier Chambard mengatakan, Pemerintah Prancis sangat serius untuk mendorong percepatan pembiayaan dan pembangunan proyek-proyek di sektor ICT, secara khusus satelit, data center pemerintah dan digitalisasi penyiaran di TVRI.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading