Johnny Plate: Data Center Google Meluncur 24 Juni 2020 di RI

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
12 June 2020 16:56
Terkait hoax soal virus Corona

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Plate mengungkapkan Google Cloud akan meluncurkan data center atau pusat data di Indonesia pada 24 Juni 2020.

Kepastian ini disampaikan Menkominfo setelah mengadakan pertemuan virtual dengan Managing Director Google Cloud region Asia Pasifik Rick Harshman dan Head ofGovernment Affairs Google Cloud Region Asia Pasifik Barbara Navarro, yang berlangsung hari ini (12/6/2020).

"Dalam pertemuan tersebut Kementerian Kominfo dan google dan Tim Google Cloud menekankan pembahasan pada program pembangunan pusat data (data center) - Google Cloud yang dijadwalkan akan diluncurkan pada tanggal 24 Juni 2020 mendatang," ujarnya dalam konferensi pers digital.


Johnny Plate menambahkan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dan sektor private untuk tetap menjaga akselerasi transformasi digital di Indonesia. Data Center ini akan digunakan untuk sektor non-pemerintah.

Dalam pertemuan itu juga dibahas kolaborasi dan kerja sama Kementerian Kominfo dengan Tim Google Cloud untuk meningkatkan talenta digital Indonesia guna mendukung e-commerce, teleedukasi, hingga pemanfaatan aplikasi kesehatan daring selama pandemi.

"Kementerian Kominfo mengapresiasi dan mendukung inisiatif Tim Google Cloud dalam membangun pusat data (data center) yang dilengkapi dengan fitur keamanan dan privasi data serta teknologi Artificial Intelegence," terang Johnny Plate.

"Pemerintah Indonesia percaya bahwa hal ini selaras dengan tujuan Indonesia dalam pengembangan infrastruktur dan kecakapan digital yang dibutuhkan dalam transformasi digital menuju masyarakat digital."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading