Inikah Tanda-tanda China Mau Rilis Uang Digital Yuan?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
16 July 2020 15:05
A man walks past China's central bank, or the People's Bank of China, in Beijing, Sunday, March 10, 2019. China's central bank governor Yi Gang says American and Chinese envoys discussed sticking to promises to avoid currency devaluations to boost exports during negotiations aimed at ending a tariff war. (AP Photo/Andy Wong)

Jakarta, CNBC Indonesia - China ternyata serius untuk mengembangkan uang digital sendiri. Kabar terbaru digital Yuan akan dicobakan di sektor pengiriman makanan (food delivery) melalui Meituan Dianping.

Menurut sumber Bloomberg News, Meituan dalam tahap pembicaraan dengan Bank sentral China People Bank of China (POBC) untuk menggunakan uang digital yang diberi mana Digital Currency Electronic Payment atau DCEP, seperti dikutip dari The Star, Kamis (16/7/2020).

Meituan Dianping merupakan startup yang menguasai pasar pengiriman makan di China. Sebelum Meituan Dianping, Didi Chuxing penguasa pasar transportasi online China juga sudah bergabung dalam uji coba uang digital ini.


Aplikasi Didi Chuxing dan Meituan Dianping memproses transaksi miliaran dolar per hari. Bila uang digital China diadopsi kedua startup besar ini akan mempercepat adopsi massal.

Yuan Digital (Twitter/@lingzh1220)Foto: Yuan Digital (Twitter/@lingzh1220)

Sumber lain mengatakan POBC juga sedang berbicara dengan Bilibili Inc, perusahaan video streaming yang didukung Tencent, untuk menggunakan uang digital ini.

PBOC dan Meituan Dianping menolak mengomentari informasi tersebut sementara perwakilan Bilibili tak merespons permintaan konfirmasi yang dilayangkan Bloomberg News.

Uang virtual akan lebih cepat dan lebih mudah digunakan ketimbang uang kertas atau logam. POBC belum mengungkapkan kapan uang digital ini akan dirilis. Namun pada April lalu sempat bocor penampakan uang digital Yuan di media sosial.

Beredar tangkapan layar yang konon berasal dari versi uji coba aplikasi seluler yang dikembangkan oleh bank negara China, Agricultural Bank of China. Kabarnya pihak bank sedang mencoba secara internal dalam kelompok kecil untuk bereksperimen dengan mata uang virtual.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading