Cara Menghindari Virus Corona, Perlu Kalung Ajaib Covid-19?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
08 July 2020 11:40
Kasus COVID-19 Turun Drastis, Spanyol Buka Lockdown. AP/Alvaro Barrientos

Jakarta, CNBC Indonesia - Jumlah kasus Covid-19 masih terus dan belum ada tanya akan mereda segera. Ada baiknya kamu tahu cara menghindari virus corona agar tak tertular. Caranya mudah tanpa perlu kalung ajaib Covid-19.

Menurut data Worldometers, hingga Rabu (8/7/2020) total kasus infeksi virus corona sudah mencapai 11.940.258 kasus. 545.607 orang meninggal dunia dan 6.844.137 sembuh.

Untuk menghindari terinfeksi virus corona, World Health Organization (WHO) menyarankan masyarakat menerapakan social distancing atau jaga jarak minimal 1 meter. Ini untuk menghindari droplet yang keluar hidup dan mulut seseorang yang bersin, seperti dikutip dari situs resmi WHO, Rabu (8/7/2020).


WHO juga menghimbau agar masyarakat menghindari tiga tempat selama masa pandemi ini. Yakni, tempat ramai atau kerumunan, tempat sempit, dan ruangan tertutup. Pada ketiga tempat ini virus corona menyebar dengan cepat.

Saran lainnya menggunakan masker. WHO sarankan masyarakat menggunakan masker kain tiga lapis. Masker medis dipertuntukkan bagi tenaga medis yang berada di garis depan melawan virus corona.

Beberapa jenis kain yang bisa digunakan sebagai masker adalah Polypropylene; Katun (woven); Katun (knit); Polyester; Cellulose (tisu); Cellulose (paper towel); Silk (napkin); dan Nylon.

Terakhir sering-sering mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer minimal 20 detik. Kombinasi air dan sabun menciptakan banyak gelembung sabun yang mengganggu ikatan kimia yang yang memungkinkan bakteri, kuman dan virus menempel di permukaan kulit.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading