Masalah e-Commerce: Data Bocor Hingga Jual-Beli Rekening Bank

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
06 July 2020 10:35
Cover Headline, E-Commerce

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa e-commerce atau marketplace di Indonesia menghadapi masalah dari pihak tak bertanggung jawab. Mulai dari data pengguna bocor hingga praktik ilegal jual-beli rekening bank.

Baru-baru ini Tokopedia menghadapi masalah kebocoran data. 91 juta data pengguna Tokopedia yang dicuri oleh hacker pada Mei 2020 lalu, kini tersebar secara gratis di media sosial Facebook.

Hal ini ditemukan oleh Lembaga Riset Siber Indonesia CISSRec. Link 91 juta data pengguna Tokopedia ini dibagikan secara gratis oleh akun bernama @Cellibis di ReidForum sebuah forum hacker di Dark Web. Hingga Minggu 5 Juli pukul 10.00 WIB sudah ada 58 anggotanya yang mengunduh data link tersebut.


"Tokopedia jelas harus bertanggung jawab kaerna data pengguna yang mereka kelola bobor dan pasti akan banyak pihak yang menggunakan untuk tindak kejahatan," ujar Chariman CISSRec Pratama Persadha, seperti dikutip Senin (6/7/2020).

Tokopedia sendiri mengatakan ini bukanlah upaya pencurian data baru dan informasi password pengguna Tokopedia tetap aman terlindungi di balik enkripsi.

Upaya mencurian data juga pernah dihadapi Bukalapak. Pada 2019 seorang hacker asal Pakistan mengklaim telah mencuri jutaan data pengguna e-Commerce yang didirikan oleh Ahmad Zaky dan Fajrin Rasyid ini.

Bukalapak sendiri mengakui sempat ada aksi hacker di platform mereka namun mereka menampik adanya pencurian data, tidak ada data pengguna yang berhasil dicuri.

Hacker juga pernah berupaya curi data pengguna Lazada. Aksi tersebut terjadi pada 2015 di mana sekelompok hacker yang menamai dirinya 'Gantengers Crew'.

Pada halaman promo Lazada muncul warna hitam bertuliskan "Gantengers Crew pwnz u". Atas aksi ini Lazada menyatakan melakukan investigasi dan tidak semudah itu mengambil data-data konsumen.

Skandal Jual-Beli Rekening di e-Commerce
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading