Jurus Grab Bantu Mitra & Driver Lawan Covid-19

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
01 July 2020 14:11
A woman passes a Grab signage at their office in Singapore September 23, 2016. REUTERS/Edgar Su  - RTSP2AJ Foto: CNBC


Jakarta, CNBC Indonesia - Grab Indonesia akan memperkenalkan 24 inisiatif untuk membantu mitra pengemudi, pengantaran dan merchant dalam menghadapi Covid-19.


Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan Sejalan dengan komitmen GrabForGood, Grab berusaha untuk membuat lebih banyak orang bisa terus usaha melalui platform Grab selama pandemi ini.


"Kami menyambut lebih dari 83.500 mitra merchant dan agen Grab baru dalam waktu 3 bulan selama pandemi dan memperkenalkan lebih dari 24 inisiatif untuk membantu mitra pengemudi, pengantaran dan merchant kami melewati masa yang penuh gejolak ini. Tetapi kita semua tahu, masih banyak yang terus berjibaku dengan berbagai kesulitan di luar sana," ujarnya mengutip keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (1/7/2020).



Ada 4 hal yang akan menjadi fokus Grab selama pandemi. Pertama mendukung Garda terdepan di mana lebih dari 20 mitra perusahaan dan brand terkemuka bekerjasama dengan Grab untuk menyediakan lebih dari 360 ribu liter beras dan lebih dari 72 ribu liter minyak goreng. Selain itu ada pula kebutuhan pokok lainnya hingga makanan dan minuman bernutrisi.

"Inisiatif donasi Grab ini diantaranya telah didukung oleh Unilever Indonesia, Nestlé Indonesia, Danone, The Coca-Cola Company, Samyang Green by Heonz, Bank Mandiri, BNI, Telkomsel, Adira Insurance, OVO, Prudential, dan Plaza Ambarrukmo," terangnya. 

Tak hanya itu, lebih dari 20.500 liter cairan desinfektan, 240 ribu masker hingga lebih dari 4 ribu rapid test gratis dibagikan untuk mitra GRab dan petugas medis.

Kedua, Grab melahirkan inovasi di mana lebih dari 18 ribu pelindung dipasang di armada GrabCar dan GrabBike. Kemudian 1,9 juta jumlah kilometer perjalanan menggunakan GrabCar dan GrabBike Protect sejak diluncurkan. Jarak ini setara dengan 360x pulang-pergi Sabang ke Merauke.

Selanjutnya 3.700 tenaga medis telah diantarkan menggunakan armada GrabCar Protect khusus, bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif. Dan 100 armada GrabWheels disediakan di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID19 Wisma Atlet Kemayoran untuk kemudahan mobilitas tenaga medis.

Ketiga, menghubungkan Kebaikan, setidaknya lebih dari 850.000 menu khusus dibeli oleh pelanggan bagi mitra pengantaran melalui 7.800 mitra merchant GrabFood di Indonesia.

Selanjutnya 63% lebih banyak tips, dimana Jumlah peningkatan tip yang diberikan pelanggan bagi mitra pengemudi dan pengantaran selama pandemi COVID-19. Tercatat pula  Rp1,4 miliar donasi terkumpul dari pelanggan yang dikumpulkan melalui GrabRewards Katalog dan Widget untuk membeli sembako dan APD bagi tenaga medis dan mitra Grab.


Terakhir, Grab menciptakan Peluang & Meningkatkan Kapasitas dimana lebih dari 83.500 mitra merchant dan agen Grab baru yang bergabung. Grab juga Menyediakan kesempatan digitalisasi untuk lebih banyak UMKM Indonesia dan lebih dari 379.000 mitra pengemudi yang telah mengikuti pelatihan literasi digital GrabAcademy.


Neneng menambahkan, percepatan digitalisasi UMKM dan reskilling menjadi fokus Grab ke depan, khususnya bagi gig workers di Indonesia. Melalui program Terus Usaha yang baru saja diluncurkan, Grab terus mengukuhkan fokus dan komitmennya untuk membantu jutaan UMKM terus maju. 

UMKM akan terus menjadi kunci utama untuk memastikan masyarakat dapat mempertahankan mata pencaharian mereka, terutama dalam periode ekonomi yang kian menantang pada masa mendatang. Namun, masa krisis ini juga memperlihatkan bagaimana para UMKM dapat menjadi amat rentan. 

Grab akan terus menjalin kerja sama dengan semua pemangku kepentingan untuk memastikan kebutuhan UMKM dapat dipenuhi dan perusahaan ini dapat beroperasi dalam jangka panjang. Situs khusus UMKM, www.grabforgood.id juga dapat dimanfaatkan jutaan UMKM Indonesia untuk berakselerasi.

"Grab juga ingin mengucapkan terima kasih kepada lebih dari 20 perusahaan dan brand yang telah bekerja sama untuk membantu berbagai inisiatif selama pandemi," pungkasnya.

Saksikan video terkait di bawah ini:

Grab Indonesia Dikenakan Denda Rp 30 M Oleh KPPU


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading