Fajrin Telkom: Aplikasi PeduliLindungi Sudah Diunduh 4,1 Juta

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
30 June 2020 17:30
Aplikasi Peduli Lindungi (ScreenShot Official PeduliLindungi via Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Aplikasi PeduliLindungi yang dikembangkan oleh PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) dengan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) saat ini Sudah didownload 4,1 juta kali, jumlah ini belum 5% dari total penduduk Indonesia.

Direktur Digital Business Telkom Muhammad Fajrin Rasyid mengatakan penggunaan aplikasi ini diharapkan dapat digunakan sebagai infrastruktur untuk menurunkan penyebaran Covid-19.

"Per hari ini lebih dari 4,1 juta download tapi populasi penduduk belum 5%. Di beberapa negara maju dunia yang sudah cukup banyak penduduknya mendownload aplikasi serupa, ada tren penyebaran Covid-19 semakin baik. Jadi kami optimistis dengan aplikasi ini seiring dengan banyak aplikasi didownload masyarakat," kata Fajrin dalam konferensi virtual, Selasa (30/6/2020).


Dia menyebutkan, dengan adanya kerja sama dengan Gojek Indonesia akan dapat membuat jumlah download aplikasi PeduliLindungi ini akan lebih tinggi jumlahnya. Pasalnya sejak kerja sama ini dimulai beberapa hari lalu jumlah download mencapai 80 ribu.

Adapun aplikasi ini memiliki fitur aplikasi tracking yang dapat mendeteksi pergerakan terpapar Covid-19 selama 14 hari ke belakang. Aplikasi juga dapat terhubung dengan operator selular lainnya untuk menghasilkan visualisasi yang sama.

Aplikasi ini bekerja dengan bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing.

PeduliLindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang- orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan).

Saksikan video terkait di bawah ini:

Penting! Panduan Baru WHO karena Covid Menular di Udara


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading