Aplikasi PeduliLindungi Buat Lacak Corona Rilis di Android

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
30 March 2020 10:20
Aplikasi PeduliLindungi untuk memantau corona di Indonesia kini sudah bisa diunduh di Android. Aplikasi ini dikembangkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.
Jakarta, CNBC Indonesia - Aplikasi PeduliLindungi untuk memantau penyebaran virus corona covid-19 di Indonesia kini sudah bisa diunduh di smartphone Android. Aplikasi ini dikembangkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.

Lalu bagaimana cara kerja aplikasi PeduliLindungi? Menurut penjelasan yang tercantum di aplikasi, PeduliLundungi bekerja dengan menggunakan data yang diproduksi oleh gadget dengan bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan.


"Jika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing," ujar aplikasi PeduliLindungi, seperti dilansir Senin (30/3/2020).


Selanjutnya PeduliLindungi akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada adalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif corona atau orang dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pengawasan (ODP).

"Anda akan dihubungi oleh petugas kesehatan jika Anda pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita COVID-19 positif, PDP, dan ODP. Ini akan membantu petugas kesehatan melakukan tindakan preventif terhadap orang yang berad di temnpat dan waktu yang sama dengan penderita," ujarnya.

Aplikasi ini tidak merekam geolokasi pengguna, hanya mengumpulkan identitas gadget dan waktu saat berada dekat dengan gadget lain yang terinstall aplikasi PeduliLindungi.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading