Apa Itu Dexamethasone, Obat Pasar yang Ampuh Sembuhkan Corona

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
17 June 2020 10:45
INFOGRAFIS, Obat Mujarab dari Jepang Sembuhkan Pasien Corona

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa obat yang tersedia dipasaran, Dexamethasone berhasil mengurangi risiko kematian bagi pasien sakit parah Covid-19. Lantas apa itu Dexamethasone?

Dexamethasone merupakan obat streroid yang biasa digunakan untuk mengurangi peradangan. Menurut National Health Services (NHS) tablet steroid yang juga disebut tablet kortikosteroid adalah jenis obat anti-inflamasi yang digunakan untuk mengobati berbagai kondisi, dan dapat digunakan untuk mengobati masalah seperti alergi, asma, eksim, penyakit radang usus dan radang sendi.

Obat steroid mengurangi peradangan, yang terkadang berkembang pada pasien COVID-19 ketika sistem kekebalan bereaksi berlebihan untuk melawan infeksi. Reaksi berlebihan ini dapat berakibat fatal, sehingga dokter telah menguji steroid dan obat antiinflamasi lainnya pada pasien tersebut.


"Dexamethasone tidak mahal, tersedia di rak [toko obat], dan dapat segera digunakan untuk menyelamatkan nyawa di seluruh dunia," kata Peter Horby, pemimpin studi dari Universitas Oxford, dan salah satu Kepala Investigator untuk uji klinis, seperti dilansir dari AP, Rabu (17/6/2020).

Sebagai bagian dari percobaan program RECOVERY, Dexamethasone diuji pada 2104 pasien yang menerima 6 mg obat sekali sehari selama sepuluh hari dan dibandingkan dengan 4321 pasien secara acak untuk perawatan biasa saja.

Dexamethasone secara keseluruhan mengurangi angka kematian sebesar 17% dalam 28 hari. Secara tren obat ini menunjukkan manfaat terbesar di antara pasien yang membutuhkan alat bantu pernafasan atau ventilator.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading