Harga Dexamethasone, Obat yang Disebut Ampuh Sembuhkan Corona

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
17 June 2020 11:19
INFOGRAFIS, Obat Mujarab dari Jepang Sembuhkan Pasien Corona

Jakarta, CNBC Indonesia - Penelitian terbaru dari Universitas Oxford menyebut Dexamethasone ampuh mengurangi risiko kematian pada pasien sakit parah Covid-19. Obat ini beredar luar di pasar dengan harga yang cukup murah.

Sebagaimana ditulis CNBC International, hasil uji coba telah diumumkan Selasa (16/6/2020). Deksametason bisa mengurangi tingkat kematian akibat Covid-19 hingga 1/3 pada kasus-kasus serius.

Ilmuwan menyebutnya "terobosan besar". Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa obat ini harus segera menjadi perawatan standar pada pasien.


"Hasilnya menunjukkan bahwa jika pasien yang memiliki Covid-19 dan menggunakan ventilator atau oksigen, lalu diberi deksametason, itu akan menyelamatkan nyawa, dan biaya-pun sangat rendah," kata Martin Landray, seorang Profesor Oxford yang ikut memimpin persidangan penelitian itu.

Percobaan dilakukan dengan membandingkan hasil dari 2.100 pasien yang mendapat deksametason, dengan 4.300 lainnya yang mendapat obat lain. Mereka dipilih secara acak.

"Dexamethasone tidak mahal, tersedia di rak [toko obat], dan dapat segera digunakan untuk menyelamatkan nyawa di seluruh dunia," kata Peter Horby, pemimpin studi dari Universitas Oxford, dan salah satu Kepala Investigator untuk uji klinis, seperti dilansir dari AP, Rabu (17/6/2020).

Dexamethasone biasanya digunakan untuk mengobati beberapa jenis sakit radang sendi, alergi parah dan asma serta beberapa penyakit kondisi tertentu termasuk beberapa jenis kanker. Di Amerika Serkat sendiri obat ini sudah digunakan untuk mengobati beberap pasien Covid-19.

Melansir CNN International, Rabu (17/6/2020), Dexamethasone dijual seharga US$ 8 atau setara Rp 112.000 per strip di situs GoodPx. Platform ini mengklaim rata-rata harga Dexamethasone jika dijual di toko lain mencapai US$46,9 per strip.

GoodPx merupakan startup yang mengoperasikan platform dan website telemedicine yang melacak harga obat resep di Amerika Serikat. Startup ini memeriksa harga obat di 75.000 lebih apotek dan memberikan kupon diskon.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading