Kapan Vaksin Corona Siap di Indonesia?

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
28 May 2020 18:12
Infografis/Selain Moderna, 6 perusahaan farmasi di dunia yang mempersiapkan vaksin untuk lawan covid-19/Aristya Rahadian Krisabella
Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman sedang mengembangkan vaksin Covid-19. Lantas, kapan vaksin corona siap di Indonesia?

Kepala LBM Eijkman Amin Soebandrio mengatakan pihaknya sedang mengembangkan recombinant protein vaccines. Pengembangan recombinant protein itu dibuat berdasarkan 7 genom SARS-CoV-2. Di mana ketujuh genom tersebut sudah dikirim ke Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID).


"Kita sudah mulai dengan 7 whole genome sequence dari Eijkman dan 2 whole genome sequence dari Universitas Airlangga [Unair]. Dari sini kita bisa mempelajari struktur genome dari virus yang beredar di Indonesia agar bisa mendapatkan informasi bagian dari virus mana yang paling tepat untuk dijadikan vaksin," jelas Amin kepada CNBC Indonesia, Rabu (27/5/2020).


Amin Soebandrio mengungkapkan dalam mengembangkan vaksin ini dibutuhkan waktu yang sangat lama. Dan kemungkinan baru bisa dilakukan uji klinis pada awal tahun depan.

"Masih butuh waktu lama. Kita harapkan bisa di Semester I-2021, dari Eijkman bisa memberikan bibitnya ke industri sehingga bisa dilanjutkan ke uji klinik," kata Amin melanjutkan.

Amin memastikan bahwa vaksin yang sedang dikembangkan saat ini akan sesuai dengan apa yang terjadi dan berkembang di Indonesia.

"Data ini akan kita pakai untuk memastikan bahwa vaksin yang dikembangkan nanti memang sesuai dengan yang berkembang di Indonesia,"

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading