New Normal Corona, Kafe Pakai Robot Layani Pelanggan

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
26 May 2020 09:34
Robot
Jakarta, CNBC Indonesia - Penerapan new normal di tengah pandemi Covid-19, sebuah kafe di Korea Selatan menggunakan robot barista yang mampu melayani para pembeli. Robot di kafe di Daejeon itu terlihat sopan dan cepat.

"Ini teh latte almond Rooibos Anda, silakan menikmati. Ini akan terasa lebih nikmat jika Anda mengaduknya," kata Robot tersebut, saat pelanggan meraih minumannya dari atas nampan yang dipasang di dalam kapsul putih besar berkilau yang menyerupai komputer.


Setelah berhasil menekan wabah virus corona  yang menginfeksi lebih dari 11.000 orang dan menewaskan 267 orang, Korea Selatan perlahan-lahan menerapkan new normal dengan aturan social distancing intensif seperti yang dianjurkan pemerintah untuk menjaga jarak dalam kehidupan sehari-hari.



Lee Dong-bae, direktur penelitian di Vision Semicon, pabrik teknologi pintar yang mengembangkan robot ini bersama dengan lembaga ilmu pengetahuan yang dikelola negara mengatakan bahwa robot dapat membantu orang mengamati social distancing di depan umum.

"Sistem kami tidak memerlukan interaksi dengan pelanggan mulai dari pemesanan hingga pengiriman, dan meja-meja di susun dalam jarak yang jarang untuk memastikan kelancaran pergerakan robot, yang sesuai dengan kampanye social distancing dan menjaga jarak saat ini," katanya.

Sistem, yang menggunakan lengan robot pembuat kopi dan robot penyajian, dapat membuat 60 jenis kopi yang berbeda dan menyajikan minuman itu kepada pelanggan.  Robot juga dapat berkomunikasi dan mengirimkan data ke perangkat lain yang miliki teknologi self-driving untuk menghitung rute terbaik di sekitar kafe.

Pemesanan enam minuman, diproses di kafe, hanya butuh tujuh menit.  Satu-satunya karyawan manusia di kafe berlantai dua ini adalah petugas kebersihan. Vision semicon pun berencana memasok setidaknya 30 kafe dengan robot tahun ini.

"Robot itu menyenangkan dan mudah karena Anda tidak harus mengambil pesanan Anda. Tapi saya juga sedikit khawatir tentang pasar tenaga kerja karena banyak teman saya kerja paruh waktu di kafe-kafe dan robot-robot ini akan menggantikan manusia," kata seorang pelanggan Lee Chae-mi.


[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading