Flu Spanyol vs Covid-19, Lebih Berat Mana Bu Sri Mulyani?

Tech - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
26 May 2020 09:03
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat Konferensi pers APBN KiTa. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, tak ada satupun negara yang siap menghadapi virus corona atau Covid-19. Sebab, belum ada satu pun orang di dunia ini yang pernah mengalami hal yang sama.

Ia menjelaskan, sebelum Covid-19, dulu pernah ada wabah serupa yakni Flu Spanyol yang berlangsung sejak Maret 1918-September 1919 yang juga merenggut nyawa jutaan orang termasuk di Indonesia.


Namun, semua orang yang mengalami wabah Flu Spanyol tersebut semuanya sudah meninggal sehingga tak ada yang bisa memberikan masukan apa yang harus dilakukan. Oleh karenanya, semua negara saat ini melakukan segala upaya dan kebijakan untuk melawan Covid-19.


Sebab, Covid-19 ini adalah sesuatu yang baru bagi semua orang yang masih hidup di dunia ini. Ini menjadi tantangan yang memang masih dicari cara mengatasinya karena semua negara tidak ada yang siap menghadapinya.

"Kita diuji oleh sang pencipta dalam hadapi situasi luar biasa extraordinary. Bahkan untuk satu generasi seperti kita ini unpredicted. Karena precedent-nya terjadi pada 1918, bahkan orang tua kita belum lahir waktu itu. Jadi untuk kita unprecedented," ujar Sri Mulyani saat silaturahmi secara virtual bersama jajaran Kemenkeu, Senin (25/5/2020).

Lanjutnya, karena kondisi yang tak terprediksi ini, dan di bulan suci ini, semua umat islam harus tetap menjalaninya dengan penuh syukur terutama jajaran Kementerian Keuangan. Ini juga sebagai salah satu langkah untuk lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta.

"Saya harap ini suatu simbol bagi kita semua umat manusia, bahwa dalam perjalanan kita harus menahan diri, hawa nafsu dan segala emosi, menahan untuk berbuat dosa, berpikir jahat, berhati dengki, merasakan kemarahan, keputusasaan, ketakutan. Rasa-rasa itu kita bisa tahan karena kita percaya yang maha pencipta akan memberikan kemudahan," jelasnya.

Dalam penutupannya, Sri Mulyani tidak lupa menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh jajaran Kemenkeu karena sudah bekerja tanpa lelah dalam membantu masyarakat miskin terutama dalam menghadapi Covid-19 ini. Dimana, dalam masa pandemi ini, peran Kemenkeu menjadi sangat penting dalam mendorong perekonomian dan membantu masyarakat yang terdampak.

[Gambas:Video CNBC]





(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading