1.990 Materi Pelatihan Kartu Prakerja Jokowi Tak Laku, Why?

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
22 May 2020 09:56
Infografis: Ini Deretan Kursus Online Paling Diminati di Kartu Prakerja
Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen Pelaksana (Project Management Office/PMO) Program Kartu Prakerja mengatakan, saat ini terdapat 3.000 jenis pelatihan, namun yang laris dipilih peserta hanya 1.010 materi pelatihan. Sisanya 1.990 tak diminati.

"Kita sudah melihat, ada 3.000 pelatihan yang tersedia, yang laku itu 1.010 kalau tidak salah," ujar Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, Selasa (19/5/2020).


Deni mengatakan, peserta memiliki kebebasan untuk memilih jenis pelatihan apa yang diinginkan atau dibutuhkan. Para peserta tentu bisa menilai sendiri, pelatihan mana saja yang dianggap paling bermanfaat untuk mereka masing-masing.


Dengan demikian, jika ada pelatihan yang tidak disenangi peserta, maka otomatis tidak laku.

"Jadi ada pelatihan-pelatihan yang tidak dipilih oleh konsumen. Jadi kita memberikan kedaulatan penuh di tangan konsumen untuk memilih sendiri pelatihan yang diinginkan. Teman-teman tidak usah punya pretensi bahwa 'ah itu pelayanannya jelek'. Kalau jelek pasti tidak laku, dan kita berusaha untuk yang jelek itu tidak ada," ucapnya.

Begitu juga, apabila ada materi pelatihan yang dianggap peserta terlalu mahal, peserta kemudian pasti sudah akan memilih jenis pelatihan yang mungkin saja lebih murah dan bermanfaat untuk masing-masing peserta.

Oleh karena itu, kata Deni apabila nanti ada lembaga pelatihan yang performanya tidak bagus, sudah tentu akan disingkirkan dari program kartu prakerja. Saat ini PMO Prakerja, kata Denni sedang melakukan evaluasi.

"Sekarang evaluasi sedang berjalan maka bagi mereka tidak performing maka kita akan tegur dan pada ekstrimnya mereka akan kita terminasi kerjasamanya, karena sudah ada di dalam perjanjian kerja sama bahwa kita bisa mengakhiri kerjasama tersebut," ucapnya.


[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading