Menu Ayam Sepanjang Jakarta-Bandung Dipesan via GrabFood

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
20 May 2020 14:50
Anita, salah satu pemilik usaha yang bergabung dengan Grab Food. (Dok. Grab) Foto: Anita, salah satu pemilik usaha yang bergabung dengan Grab Food. (Dok. Grab)
Jakarta, CNBC Indonesia - GrabFood mencatat sebanyak 4,2 juta menu olahan ayam terjual selama Ramadan 2020. Ini merupakan fakta pertama yang terjadi, di mana menu olahan paling favorit adalah Egg Chicken Roll dan Ayam Goreng Crispy.

Bahkan, saking banyaknya menu yang terjual, deretan ayam tersebut panjangnya mencapai 168 kilometer. "Jarak tersebut setara dengan jarak dari Ancol di Jakarta Utara hingga Gedung Sate di Bandung," ujar GrabFood, Rabu (20/5/2020).

Selain aneka olahan ayam, masyarakat Surabaya juga memiliki menu jagoan yang paling sering dipesan seperti Mie Ayam Pedas dan Udang Keju. Sementara di Medan, Nasi Urap dan Kwetiau Goreng yang menjadi kesukaan.


Berbeda dengan di Makassar, di mana Jalangkote dan Es Pisang Ijo yang jadi incaran. Ternyata masyarakat Indonesia di tiap kota, punya kesukaannya tersendiri untuk berbuka.


Tak hanya menu olahan ayam, udang rambutan dan juga mie pedas juga menjadi menu favorit. Kedua menu ini menjadi favorit takjil saat berbuka puasa.

Adapun diantara pesanan tersebut, pengguna Grab ternyata menggunakan fitur pengantaran terjadwal. Fitur yang baru diluncurkan bulan lalu ini membantu pengguna memesan menu kesukaan 2 hari hingga 2 jam sebelum waktu pengantaran.

Berdasarkan data pula, sebanyak 70% pengguna GrabFood memanfaatkan fitur ini untuk memesan hidangan berbuka mulai 12.00 sampai 15.00 yang diantar antara pukul 16.30 sampai 18.00. Sementara 5% pengguna lainnya memanfaatkan fitur untuk mengantar menu sahur antara 02.00 sampai 03.00 dini hari.
(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading