Selain Vaksin Moderna, Belanda Juga Temukan Antibodi Covid-19

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
19 May 2020 09:20
Infografis: Hampir 100 Ribu Kasus, Adakah Vaksin Obat Corona?
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan farmasi AS, Moderna melaporkan hasil menggembirakan dari uji coba awalnya. Vaksin buatannya mRNA-1273 berhasil hasilkan antibodi Covid-19. Belanda juga sudah temukan antibodi Monoclonal.

Menurut data Moderna, dalam uji awal vaksin mRNA-1273 pada 45 subjek ditemukan bahwa vaksin ini aman dan semua peserta menghasilkan antibodi virus.

"Ini adalah temuan signifikan tetapi ini adalah uji klinis Fase 1 yang hanya melibatkan delapan orang. Itu dirancang untuk keselamatan, bukan untuk kemanjuran," kata Dr. Amesh Adalja, ahli penyakit menular di Johns Hopkins Center for Health Security. Amesh tidak terlibat dalam penelitian ini, menurut Reuters.


Penemuan antibodi juga diumumkan oleh Peneliti Utrecht University, Erasmus Medical Centre Belanda dan Harbour BioMed. Mereka menemukan menemukan antibodi monoclonal yang memblokir infeksiĀ virus corona baru penyebab Covid-19.


Antibodi yang bernama 47D11 ini akan menyerang protein mahkota di tubuh Covid-19. Mahkota berduri inilah yang menempel pada sel manusia, kemudian memasukkan materi genetik guna berkembang biak di tubuh inangnya.

Antibodi ini mengikat pada enzim ACE2 yang diidentifikasi sebagai reseptor Covid-19 ketika menyerang tubuh manusia. Antibodi ini pun sudah berhasil menetralkan Covid-19 dalam percobaan pada tikus.

"Penelitian ini dibangun berdasarkan penemuan yang dilakukan oleh tim kami di masa lalu untuk mengangkat virus SARS yang muncul pada 2002-2003," ujar Profesor Berend-Jan Bosch dari Utrecht University yang memimpin penelitian ini, seperti dilansir dari DailyMail, Jumat (8/5/2020).

Penemuan ini telah dipublikasikan dalam Nature Communications. Penelitian ini masih perlu penelitian lebih lanjut untuk menemukan efektivitas dan dosis yang cocok untuk manusia.


[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading