Kominfo & Tokopedia Rapat Soal Data Bocor Hari Ini, Hasilnya?

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
04 May 2020 16:24
Ilustrasi Tokopedia ecommerce
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Tokopedia rapat soal kebocoran data 91 juta pengguna Tokopedia hari ini (4/5/2020). Apa hasilnya?

Dalam pertemuan tersebut ada beberapa poin yang dicapai. Pertama, akan terus memastikan agar ekonomi digital khususnya e-commerce berjalan dengan baik dan lancar dan tidak akan mau diganggu oleh peretas data.

"Akan dipastikan setiap peretasan data akan ditindaklanjuti agar tidak mengganggu jalannya e-commerce Indonesia. Kominfo dan BSSN dan Tokopedia secara serius akan melakukan evaluasi, penyelidikan, mitigasi teknis dan akan melakukan update perkembangannya," ujar Menteri Kominfo, Johnny Plate dalam keterangan resminya.



Kedua, Tokopedia menyatakan data-data keuangan (pembayaran) dan akun pelanggan aman. Hacker atau peretas belum mampu membobol security system e-commerce milik William Tanuwijaya ini.

"Walaupun yang data yang berkaitan dengan nama, email, nomor telepon barang kali sebagiannya saja sudah diambil peretas, tetapi data keuangan dan akun pelanggan tetap aman dan tokopedia soal sedang melakukan evaluasi secara mendalam," terang Johnny Plate.

Ketiga, masyarakat pemilik akun di aplikasi diimbau untuk selalu merubah password dengan demikian kerahasiaan dana pelanggan bisa terjaga dengan baik.

"Kami akan melakukan update perkembangannya setelah nanti hasil dari tim yang melakukan evaluasi secara teknis di antara Kominfo, BSSN dan Tokopedia itu selesai dilakukan," tambah Johnny Plate.

"Kami memastikan bahwa pemerintah akan tetap menjaga digital ekonomi kita berjalan dengan baik. Kami bersama-sama dengan BSSN dan Tokopedia sehingga peretasan ini bisa diakhiri. Kominfo dan BSSN akan bekerja sama dengan PSSE di Indonesia meningkatkan security system," terang Johnny.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading