Cara Cek Data Akun Tokopedia Kamu Bocor atau Tidak, Gratis!

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
04 May 2020 07:18
Tokopeda
Jakarta, CNBC Indonesia - 91 data pengguna Tokopedia dikabarkan bocor dan dijual oleh beberapa aktor jahat di Dark Web. Itu artinya kamu perlu cek apakah data akun Tokopedia kamu bocor atau tidak.

Kasus ini terungkap ke publik oleh akun twitter @underthebreach yang mengklaim dirinya sebagai layanan pengawasan dan pencengahan kebocoroan data asal Israel.

Berdasarkan penelusuran data yang ditawarkannya berupa User ID, email, nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor ponsel dan password tersandi. Ia mengklaim data ini dari peretasan yang terjadi pada 20 Maret 2020. Data 91 juta pengguna Tokopedia ini kemudian dijual seharga US$5.000 atau Rp 75 juta.


Untuk melakukan pengecekan ini ada beberapa situs yang bisa dimanfaatkan. Pengecekan ini berbasis alamat email yang kamu gunakan untuk mendaftar di Tokopedia.

Berikut ini daftar situs yang bisa kamu pakai untuk mengecek apakah akun Tokopedia kamu bocor, pernah diretas dan dijual di pasar gelap:

1. Have I Been Pwned?

Have I Been Pwned akan melakukan pengecekan kebocoran atau peretasan melalui alamat email pengguna. Untuk menggunakan situs ini pengguna tinggal memasukkan alamat email dan hasil pemeriksaan segera muncul.

2. Google 

Google punya fitur pemeriksaan password yang disinkronkan dengan Chrome dan Android. Kamu tinggal mengakses passwords.google.com

3. Avast

Avast memberikan pengecekan email pernah bocor atau tidak melalui www.avast.com/hackcheck. Avast akan mengirimkan informasi mengenai hasil pencariannya ke email kamu.

Artikel Selanjutnya

Cara Cek Data Akun Tokopedia Bocor via Haveibeenpwned


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading