Cara Cek Data Akun Tokopedia Bocor via Haveibeenpwned

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
04 May 2020 13:25
Tokopedia ecommerce
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak 91 juta data pengguna Tokopedia bocor dan diperjualbelikan di Dark Web. Untuk mengecek akun Tokopedia kamu bocor bisa lewat situs Haveibeenpwned.

Situs Haveibeenpwned bekerja dengan melacak alamat email yang digunakan untuk mendaftar di situs atau aplikasi. Situs ini akan memberikan informasi mengenai situs potensial yang mengancam kredensial akun kamu.


Untuk menggunakannya, kamu tinggal masukkan alamat email di kolom yang telah disediakan setelahnya klik pwned. Kurang dari lima detik akan muncul informasi soal ancaman potensial di dunia maya yang sedang kamu hadapi.


Informasi saja, manajemen Tokopedia mengakui adanya upaya pencurian data pengguna Tokopedia namun informasi penting seperti password tetap berhasil terlindungi.

"Meskipun password dan informasi krusial pengguna tetap terlindungi di balik enkripsi, kami anjurkan pengguna Tokopedia untuk tetap mengganti password akunnya secara berkala demi keamanan dan kenyamanan," ujar VP of Corporate Communication Tokopedia, Nuraini Razak.

Nuraini menambahkan Tokopedia menerapkan keamanan berlapis, termasuk dengan OTP yang hanya dapat diakses secara real time oleh pemilik akun. Mereka pun selalu mengedukasi seluruh pengguna untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapapun dan untuk alasan apapun.

"Tokopedia memastikan tidak ada kebocoran data pembayaran. Seluruh transaksi dengan semua metode pembayaran, termasuk informasi kartu debit, kartu kredit dan OVO di Tokopedia tetap terjaga keamanannya," ujar Nuraini Razak dalam keterangan pers, Minggu (3/5/2020).

Artikel Selanjutnya

Cara Cek Data Akun Tokopedia Kamu Bocor atau Tidak, Gratis!


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading