Grab & APPI Data Mitra yang Dapat Relaksasi Kredit

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
07 April 2020 11:28
Grab & APPI Data Mitra yang Dapat Relaksasi Kredit
Jakarta, CNBC Indonesia- Grab Indonesia mempersiapkan skema bantuan untuk mendukung program relaksasi keuangan dari pemerintah. Relaksasi ini dilakukan untuk mengurangi kendala keuangan yang dihadapi oleh para mitra Grab akibat pandemi COVID-19.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan Grab sedang membantu Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) yang difasilitasi oleh OJK, untuk mendata debitur leasing yang merupakan mitra-pengemudi GrabBike dan GrabCar serta mereka yang terkena dampak dari pandemi ini sesuai dengan kriteria dan persyaratan yang ditetapkan oleh OJK.


"Melalui pendataan ini diharapkan pengajuan restrukturisasi dari pinjaman para mitra dapat diajukan secara kolektif oleh Grab kepada APPI yang nantinya akan disampaikan kepada Perusahaan Leasing yang menjadi anggota mereka," kata Neneng dalam siaran resminya.


Untuk itu Grab dan PT Teknologi Pengangkutan Indonesia (TPI) membuat program khusus bagi Mitra Pengemudi yang terdaftar dalam program Gold dan Flexi Plus TPI. Dengan begitu mitra bisa mendapatkan penundaan pembayaran biaya Rental sampai dengan 2 Juni 2020, dan pengemudi dapat menggunakan kendaraan tersebut untuk bekerja.


Grab juga memberikan dana tunai sebagai bagian dari program loyalitas mitra yang tergabung dalam TPI. Inisiatif ini akan terlaksana dengan mendapatkan dukungan dari pihak Perbankan. Nilai yang diberikan bervariasi, yakni mulai dari Rp 2 juta sampai Rp 30 juta.
Neneng mengatakan kebijakan ini akan dievaluasi setelah periode dua bulan.

Secara total Grab telah berkomitmen sebesar US$ 10 juta atau senilai lebih dari Rp 160 miliar untuk inisiatif yang sedang berlangsung dan beberapa inisiatif baru untuk mengatasi pandemi di Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading