Wow! Grab Kumpulkan Data Setara 20 Miliar Halaman Per hari

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
30 January 2020 16:23
Grab, super app terkemuka di Asia Tenggara, menghasilkan data rata-rata sebanyak 40 terabytes atau sekitar 14.400 terabytes (14,4 petabytes).
Jakarta, CNBC Indonesia- Grab, super app terkemuka di Asia Tenggara, menghasilkan data rata-rata sebanyak 40 terabytes per hari atau bila disetahunkan menjadi 14.400 terabytes (14,4 petabytes).

Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, menyatakan data adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Grab. "Per hari kita itu menghasilkan 40 terabyte data," ujar Neneng, di Jakarta Kamis (30/1/2020).


Dalam perhitungan CNBC Indonesia, 40 terabyte setara dengan 20 miliar halaman dokumen tulisan. Kapasitas 40 terabyte juga setara video resolusi tinggi sepanjang 189 hari.


Menurut Neneng, data tersebut dihasilkan oleh berbagai aktifitas di Grab, termasuk perjalanan mitra driver yang bila diakumulasikan menempuh jarak 420 juta kilometer perminggu.

Neneng menambahkan bahwa data itu kemudian diolah artificial intelligence (AI) untuk membuat aplikasi semakin pintar. "Semua dalam kehidupan kita gunakan AI. Alokasi menggunakan Grab as prediction. Itu untuk memudahkan, untuk memesan Grab," ujar Neneng.


Sebelumnya Grab menyatakan Data yang dikumpulkan oleh Big Data Grab mencapai 4 petabyte atau sekitar 4.000 terabyte. Besarnya data tersebut setara dengan 2 triliun halaman tulisan atau video resolusi tinggi (high definition) sepanjang 53 tahun.



(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading