Selain Masker, Bersihkan Layar Ponsel Juga Cara Lawan Corona

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
06 April 2020 09:33
Pemerintah mewajibkan warga menggunakan masker untuk menghindari infeksi virus corona covid-19. Selain itu rajin bersihkan layar ponsel juga cara lawan corona.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah mewajibkan semua warga negara untuk menggunakan masker untuk menghindari infeksi virus corona covid-19. Selain masker, rajin membersihkan layar ponsel juga cara lawan corona.

Menurut Profesor dari Universitas Southampton William Keevil, penularan virus corona melalui ponsel mungkin terjadi karena bisa saja air liur orang yang terjangkit corona menempel pada layar ponsel ketika ia batuk atau bersin.


"Anda bisa mencuci tangan, tetapi jika Anda mulai menyentuh layar ponsel Anda dan kemudian menyentuh wajah Anda, itu berpotensi terinfeksi," ujarnya seperti dikutip dari The Sun, Kamis (6/4/2020).


Berdasarkan penelitian Dscout, rata-rata pengguna menyentuh ponsel 2.600 per hari dan menggunakan secara aktif sebanyak 76 kali.

Menurut Mark Fielder ahli Microbiologist di Kingston University, membersihkan ponsel secara rutin merupakan hal yang penting dilakukan.

"Saya menyarankan untuk membersihkan ponsel Anda dengan larutan alkohol, dan mungkin tidak meminjamkan dulu handphone Anda [ke orang lain]," jelas Mark.

Sebelumnya, Direktur Medical Services Kementerian Kesehatan Singapura Kenneth Mak menyatakan tidak ada bukti virus corona menyebar lewat udara sehingga menggunakan masker belum tentu jadi solusi.

"Waspada hal-hal yang biasa Anda sentuh. Hal yang paling sering disentuh adalah ponsel Anda, jadi menggunakan masker bukanlah hal yang paling penting," ujarnya seperti dilansir CNBC Indonesia dari Business Insider.

Untuk membersihkan handphone, penggunaan larutan alkohol maupun tisu disinfektan bisa juga digunakan. Karenanya, mulai dari sekarang pastikan handphone kamu tetap bersih ya.

[Gambas:Video CNBC]





(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading