Ingat! Begini Cara Penyebaran Virus Corona Versi WHO

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
06 April 2020 08:56
Wabah virus corona covid-19 telah menginfeksi hampir semua negara di dunia dengan cepat di seluruh dunia. Bagaimana cara penyebaran virus corona?
Jakarta, CNBC Indonesia - Wabah virus corona covid-19 telah menginfeksi hampir semua negara di dunia dengan cepat di seluruh dunia. Bagaimana cara penyebaran virus corona?

World Health Organization (WHO) mengungkapkan cara penyebaran covid-19 melalui tetesan kecil air liur yang keluar dari hidung atau mulut ketika orang yang terinfeksi virus corona bersin atau batuk.


Tetesan itu kemudian mendarat di sebuah benda atau permukaan yang disentuh orang sehat. Setelah orang sehat tersebut menyentuh mata, hidup atau mulut mereka.


Virus corona juga bisa menyebar ketika tetesan kecil air liur orang yang terinfeksi dihirup langsung oleh orang sehat ketika mereka berdekatan.

"Itu sebabnya penting untuk menjaga jarak 1 meter lebih dari orang yang sakit. Hingga kini belum ada penelitian yang menyatakan virus corona COVID-19 bisa menular melalui udara," jelas WHO seperti dikutip dari situsnya, Senin (6/4/2020).

Juru bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan ancaman terbesar penyebaran virus corona adalah melalui orang tanpa gejala (OTG) yang mungkin berada di sekitar kita.

Oleh sebab itu, Achmad Yurianto mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga jarak aman dengan orang lain dan tetap berada di rumah. Bila ada kebutuhan mendesar untuk keluar rumah disarankan menggunakan masker.

Penggunaan masker sudah menjadi program pemerintah untuk memerangi covid-19 sesuai dengan ajuran WHO.

"Semua harus menggunakan masker. Masker bedah dan masker N95 hanya untuk petugas kesehatan. Gunakan masker kain, Ini menjadi penting karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala didapatkan di luar," ujar Yuri pada konferensi pers, Minggu (5/4/2020).

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading