Startup Andalan SoftBank ini Bangkrut, Salahkan Virus Corona

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
31 March 2020 10:42
OneWeb mengajukan kebangkrutan kepada pengadilan Amerika Serikat (AS) dan menyebut virus corona buat perusahaan tak mampu jaring investasi baru.
Jakarta, CNBC Indonesia - Startup provider internet satelit yang disokong SoftBank, OneWeb mengajukan kebangkrutan kepada pengadilan Amerika Serikat (AS) dan menyebut virus corona covid-19 buat perusahaan tak mampu jaring investasi baru.

OneWeb merupakan startup yang membangun jaringan untuk memberikan broadband di seluruh dunia. Ide perusahaan adalah menyediakan layanan high-bandwidth dengan latensi internet rendah di seluruh bumi. Tetapi membangun konstelasi satelit adalah pekerjaan yang berbiaya mahal dan banyak perusahaan yang tumbuh dalam bisnis ini.


Mengutip BBC, Selasa (31/3/2020), OneWeb telah merumahkan sebagian besar staf dan sedang mencari pembeli untuk preusahaan. Rumor tentang keruntuhan telah berhembus seminggu terakhir ini.


OneWeb telah berhasil mengumpulkan uang US$3,4 miliar dari para investor. Namun para ahli berspekulasi, perusahaan butuh dana lebih untuk menyelesaikan sistem ini dan perusahaan tidak dapat menemukan investor royal yang mau menyuntikkan modal di tengah wabah corona.

"Perusahaan hampir saja mendapatkan pendanaan tetapi proses tidak berjalan [dengan baik] karena dampak keuangan dan gejolak pasar terkait penyebaran Covid-19," ujar manajemen OneWeb dalam keterangan resminya.

Menurut pengajuan kebangkrutan ke pengadilan, kreditor tanpa jaminan terbesar perusahaan adalah operator roket Arianespace dengan total utang perusahaan mencapai US$ 238 juta.

SoftBank merupakan investor utama OneWeb dengan suntikan dana mencapai US$2 miliar. Selain itu ada Qualcomm, Airbus, Virgin Group, Coca-Cola, hingga Maxer Technologies.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading