AS Temukan Alat Tes Deteksi Positif Corona Dalam 5 Menit?

Tech - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
30 March 2020 15:21
Perusahaan perangkat medis Abbott menyatakan telah menciptakan alat yang bisa mendeteksi positif virus corona COVID-19 dalam 5 menit saja.
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan perangkat medis Abbott menyatakan telah menciptakan alat yang bisa mendeteksi positif virus corona COVID-19 dalam 5 menit saja. Alat ini telah mendapat otorisasi dari Food and Drug Administration (FDA) AS.

Melansir Gizmodo, Senin (30/3/2020), Abbott mengatakan alat tes ini dapat digunakan di kantor dokter, klnik perawatan darurat dan departemen darurat rumah sakit. Alat ini bisa dijalankan di platform ID Now milik perusahaan, sebuah perangkat portabel seukuran pemanggang roti kecil yang sudah digunakan untuk mendeteksi influenza A&B, strep A dan virus syncytial pernapasan.


Menurut manajemen Abbott, perusahaan sedang meningkatkan produksi dan berharap dapat mengirimkan 50.000 tes per hari ke sistem kesehatan AS mulai minggu depan. Untuk hasil tes negatif corona dibutuhkan waktu 13 menit.


Selain tes lima menit yang baru, baru-baru ini Abbott juga menerima persetujuan darurat FDA untuk tes covid-19 lain yang menggunakan sistem Real-Time m2000. Berbeda dengan tes point-of-care, tes ini dijalankan di rumah sakit dan laboratorium.

Sistem dapat memproses lebih banyak tes setiap hari, atau hingga 1 juta per minggu menurut Bloomberg, tetapi butuh waktu lebih lama untuk mendapatkan hasilnya. Di antara kedua sistem, Abbott berharap untuk menghasilkan sekitar lima juta tes COVID-19 per bulan.
 
Ini bukan tes virus corona cepat pertama yang disetujui oleh FDA bulan ini. Baru-baru ini, FDA juga menyetujui tes milik perusahaan diagnostik molekuler Cepheid, yang dapat memberikan hasil tes dalam waktu 45 menit. Namun, pejabat Cepheid mengatakan bahwa tes mereka dimaksudkan untuk digunakan di rumah sakit atau ruang gawat darurat.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading