Cara Aktifkan WhatsApp Dark Mode Pada Android & iPhone

Tech - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
04 March 2020 11:23
Cara Aktifkan WhatsApp Dark Mode Pada Android & iPhone
Jakarta, CNBC Indonesia - WhatsApp akhirnya merilis fitur dark mode bagi Android dan iOS iPhone. Hal ini diumumkan langsung di blog resmi perusahaan. Simak ini cara mengaktifkannya.

Melansir blog WhatsApp, Rabu (4/3/2020), WhatsApp mengungkapkan pengguna Android 10 dan iOS 13 dapat mengaktifkan fitur dark mode di pengaturan (setting) sistem. Adapun pengguna Android 9 atau yang lebih lama dapat mengaksesnya dengan membuka Setting > Chat > Theme (tema) > pilih dark.


Namun untuk bisa menikmati fitur ini pengguna terlebih dahulu mengupdate (mutakhirkan) aplikasi WhatsApp ke versi terbaru di Android dan iPhone.


"Kami sangat senang dapat merilis pembaruan WhatsApp dengan fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna di mana pun mereka berada, yaitu dark mode. Dark Mode untuk WhatsApp menawarkan tampilan baru pada pengalaman yang familier," ujar WhatsApp dalam rilisnya.

WhatsApp menjelaskan fitur ini dirancang untuk mengurangi ketegangan mata di lingkungan dengan cahaya rendah. WhatsApp harap fitur ini dapat membantu mencegah situasi yang tidak nyaman ketika ponsel Anda menerangi ruangan.

Asal tahu saja, fitur dark mode sudah diujicobakan sejak tahun lalu. WhatsApp pun menjelaskan kenapa lama meluncurkan fitur ini. Ternyata adalah lamanya peluncuran fitur ini karena tim WhatsApp meluangkan waktu untuk melakukan penelitian dan eksperimen dengan berfokus pada dua area.

Pertama, Keterbacaan: Ketika memilih warna, WhatsApp ingin meminimalkan kelelahan mata dan menggunakan warna yang lebih mendekati default sistem pada iPhone dan Android.

Kedua, Hierarki Informasi: WhatsApp ingin membantu pengguna agar dapat dengan mudah memusatkan perhatian mereka pada setiap layar. Pihaknya melakukan hal ini dengan menggunakan warna dan elemen desain untuk memastikan informasi yang paling penting terlihat mencolok.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading