Berapa Cuan YouTube dari YouTuber?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
05 February 2020 15:12
Berapa Cuan YouTube dari YouTuber?
Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak orang yang jadi kaya raya dengan menjadi YouTuber. Tapi tahukah Anda berapa pendapatan yang dihasilkan YouTube? Pada kuartal IV-2019, pendapatan YouTube mencapai US$5 miliar (Rp 70 triliun).

Ini adalah kali pertama Google mengungkap penghasilan YouTube sejak diakuisisi pada 2006 sebesar US$1,65 miliar. Pengumuman ini adalah kebijakan baru CEO Alphabet Sundar Pichai.


Google mengungkapkan tahun lalu YouTube menghasilkan US$15 miliar dan berkontribusi 10% dari total pendapatan Google. Pendapatan Google ini meningkat 36% dari tahun 2018 dan meningkat 86% dari tahun 2017.


Pendapatan ini berasal dari iklan yang diputar di video yang dibagikan melalui platform berbagi video ini, seperti dilansir dari The Verge, Rabu (5/2/2020).

Berapa Cuan YouTube dari YouTuber?Foto: Menjaring uang dari YouTube (CNBC Indonesia/Edward Ricardo)

Sebagai gambaran pendapatan YouTube dari iklan ini setara dengan seperlima pendapatan iklan digital Facebook dan enam kali lebih besar dari pendapatan iklan digital platform streaming video game Twitch milik Amazon.

Informasi lainnya, saat ini sudah ada 20 juta subscribers produk YouTube Premium dan Music Premium. 2 juta lebih subscribers untuk layanan TV berbayar. Dari bisnis ini YouTube mencetak pendapatan US$ 3 miliar.

YouTube Premium merupakan layanan bebas iklan ketika menonton YouTube. Biaya berlangganannya Rp 59.000per bulan.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading