Desain Baru TikTok Mirip Instagram, Facebook Patut Waspada?

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
04 February 2020 18:11
Jakarta, CNBC Indonesia - Media sosial berbasis video musik terpopuler saat ini, TikTok dikabarkan sedang mendesain ulang tampilan profil pengguna yang dinilai banyak pihak sangat mirip dengan Instagram

Dilansir dari The Verge, (4/2/2020), desain profil baru TikTok ini dapat menggeser avatar dan mengikuti parameter jumlah ke kiri, sambil meletakkan lebih banyak informasi pada bio pengguna akun. Desain ulang ini pertama kali dibocorkan oleh reporter New York Times, Taylor Lorenz.


"Kami selalu mencari cara untuk meningkatkan pengalaman pengguna di TikTok. Kami saat ini sedang menguji desain profil dan fungsionalitas untuk akhirnya memberi pengguna lebih banyak cara untuk mempersonalisasi dan terlibat dengan profil mereka," ujar juru bicara TikTok.


Sudah bukan rahasia umum kalau langkah "meminjam" ide a la TikTok ini sudah biasa dilakukan di platform sosial media. Bahkan Instagram juga melakukan hal yang sama yakni fitur Instagram Stories mengambil konsep dari Snapchat.

TikTok sudah mencapai 1,5 miliar unduhan pada bulan November dan merupakan aplikasi non-game ketiga yang paling banyak diunduh pada tahun 2019, mengalahkan Facebook dan Instagram, yang masing-masing berada di tempat keempat dan kelima. 

Facebook, sementara itu, juga mencoba aplikasi pengeditan video pendek di Brasil yang disebut Reels. Tidak mau kalah Reels sendiri meminjam opsi pengeditan layaknya TikTok yang dapat menyesuaikan kecepatan klip dan menambahkan audio dari video lain.

Jika TikTok akhirnya meluncurkan desain profil seperti Instagram untuk semua pelanggannya, itu mungkin akan menambah kompetisi yang semakin intens terutama bila Instagram mengambil keputusan untuk mereplikasi bagian paling produktif dari TikTok juga.

[Gambas:Video CNBC]


Bos Snapchat Sebut TikTok Bisa Lebih Besar dari Instagram
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading