PING!!! Ponsel BlackBerry Android Segera Dipensiunkan?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
04 February 2020 11:07
BlackBerry sempat kembali ke pasar ponsel dengan berkolaborasi dengan TCL Communication meluncurkan ponsel Android. Namun kini kerja sama ini sudah berakhir. Foto: Ponsel BlackBerry (REUTERS/Regis Duvignau)
Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa tahun terakhir, BlackBerry sempat kembali ke pasar ponsel dengan berkolaborasi dengan TCL Communication meluncurkan ponsel berbasis Android. Namun kini kerja sama ini sudah berakhir.

Mulai 31 Agustus 2020, perusahaan China TCL Communication akan menghentikan penjualan smartphone BlackBerry. Hal ini diumumkan langsung oleh Blackberry melalui akun twitter resminya.


"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada TCL Communication dan tim mereka untuk partnership yang sukses dalam beberapa tahun terakhir. Bersama kita telah memproduksi sesuatu yang hebat. Banyak terima kasih adan apresiasi ke komunitas BlackBerry untuk terus mendukung kami," ujar BlackBerry, seperti dilansir Selasa (4/2/2020).

Tidak disebutkan alasan pasti tidak dilanjutkannya kerja sama ini. Tetapi, TLC berjanji akan memberikan jaminan service ponsel hingga 31 Agustus 2022.


Asal tahu saja, pada era 90-an, BlackBerrry merupakan ponsel yang paling banyak diminati di dunia. Ia menggunakan BlackBerry OS yang dikembangkan oleh Research In Motion (RIM).

Namun, ketidakmampuan untuk mengantisipasi persaingan karena kehadiran sistem operasi (OS) Android dan iOS milik Apple membuat ponsel BlackBerry lambat laun ditinggalkan pengguna.

Kemudian BlackBerry kembali hadir dengan menggunakan Android, tetapi kini kerja sama harus berhenti. BlackBerry dikenal sebagai smartphone yang menggunakan qwerty fisik.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya

PING!!! Ponsel BlackBerry akan Bangkit dari Kubur Tahun Ini


(roy/dru)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading